Ajaran Kepemimpinan Hindu Edisi 4 (Asta Brata-Ramayana)

Di bangku kuliah, kita diajarkan manajemen, yang sebagian besar mengadopsi ajaran-ajaran dari bangsa Barat. Apakah bangsa Timur tidak mewariskan ajaran-ajaran kepemimpinan yang dapat digunakan untuk memimpin negara menuju kesejahteraan dan kemakmuran rakyat?. Setelah saya coba buka-buka buku dan sejarah ternyata Bangsa Timur tidak kalah dengan bangsa Barat. Bangsa kitapun (Timur) telah mewariskan banyak ilmu-ilmu manajemen.  Salah satunya adalah ASTA BRATA  yang telah diterapkan di bumi nusantara ini sejak ribuan tahun silam hingga negeri ini sempat mengalami kejayaan pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit.

Ramayana

Sebuah Sastra Weda yang telah digubah dengan bentuk Kakawin/Kakawin Ramayana Bab I Sloka 3 menyebutkan :

Gunamanta Sang Dasaratha, Wruh Sira ring Weda, Bhakti ring Dewa Tan Marlupeng pitra puja, masih ta sireng swagotra kabeh.

Maksudnya : Bahwa Raja Dasaratha adalah seorang pemimpin yang memahami pengetahuan suci Weda, taat beragama, Bhakti kepada Tuhan dan tidak melupakan leluhur/pendahulu-pendahulunya serta adil dan mengasihi seluruh rakyatnya.

Raja berputrakan Sri Rama ini adalah seorang pemimpin yang patut dijadikan panutan. Artinya seorang pemimpin harus menguasai : ilmu pengetahuan & teknologi, agama, taat kepada Tuhan, hormat kepada para pahlawan dan pendahulu-pendahulunya, adil serta sayang kepada rakyatnya.Asta Brata

Asta Brata artinya delapan ajaran utama tentang kepemimpinan yang merupakan petunjuk Sri Rama kepada Bharata (adiknya) yang akan dinobatkan menjadi Raja Ayodhya. Asta Brata disimbulkan dengan sifat-sifat mulia dari alam semesta yang patut dijadikan pedoman bagi setiap pemimpin, yaitu :

  1. Indra Brata
    Seorang pemimpin hendaknya seperti hujan yaitu senantiasa mengusahakan kemakmuran bagi rakyatnya dan dalam setiap tindakannya dapat membawa kesejukan dan penuh kewibawaan.
  2. Yama Brata
    Pemimpin hendaknya meneladani sifat-sifat Dewa Yama, yaitu berani menegakkan keadilan menurut hukum atau peraturan yang berlaku demi mengayomi masyarakat.
  3. Surya Brata
    Pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat seperti Matahari (surya) yang mampu memberikan semangat dan kekuatan pada kehidupan yang penuh dinamika dan sebagai sumber energi.
  4. Candra Brata
    Pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat seperti bulan yaitu mampu memberikan penerangan bagi rakyatnya yang berada dalam kegelapan/kebodohan dengan menampilkan wajah yang penuh kesejukan dan penuh simpati sehingga masyarakatnya merasa tentram dan hidup nyaman.
  5. Vayu Brata (maruta)
    Pemimpin hendaknya ibarat angin, senantiasa berada di tengah-tengah masyarakatnya, memberikan kesegaran dan selalu turun ke bawah untuk mengenal denyut kehidupan masyarakat yang dipimpinnya.
  6. Bhumi (Danada)
    Pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat utama dari bumi yaitu teguh, menjadi landasan berpijak dan memberi segala yang dimiliki untuk kesejahteraan masyarakatnya.
  7. Varuna Brata
    Pemimpin hendaknya bersifat seperti samudra yaitu memiliki wawasan yang luas, mampu mengatasi setiap gejolak (riak) dengan baik, penuh kearifan dan kebijaksanaan.
  8. Agni Brata
    Pemimpin hendaknya memiliki sifat mulia dari api yaitu mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, tetap teguh dan tegak dalam prinsip dan menindak/menghanguskan yang bersalah tanpa pilih kasih.
About these ads

~ oleh made24 pada Februari 8, 2008.

26 Tanggapan to “Ajaran Kepemimpinan Hindu Edisi 4 (Asta Brata-Ramayana)”

  1. wah, mkch yaw…………?!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!@ku dh diingetinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!And GOD BLESS you…………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!OM SANTI SANTIH SANTIH

  2. om swastiastu……….

  3. Om swastiastu

    Memang sebaiknya para calon pemimpin yang nantinya akan memimpin, hendaknya mengetahui akan hal ini….
    Alangkah baiknya apabila ia mengamalkan ajaran ini dalam memimpin bawahannya….

    Om Santih, santih, santih Om

    • Om Swastyastu,

      Semoga kita semua mampu menjadi pemimpin yang baik bagi diri kita, bagi keluarga kita, bagi lingkungan kita…

      Santih

      Made M.

  4. Konsep kepemimpinan yg kekal dan abadi,…..

  5. klo dlm mahabharata gimana ? khusunya pd bagian anusasana parawa.. please jelasin

    • Om Swatyastu,

      Pa Agung, karena kesibukan mekuli, belum sempat membuka kita mahabharata, ampura belum bisa memberikan penjelasan.

      Om Santih…
      made m/ abu dhabi

  6. OSA.. mau tanya.. kenapa ya ajaran asta brata bisa terdiri dari 8 aspek? kenapa tidak 9 supaya sama seperti dewata nawa sanga. suksma.. OSSSO.

    • Om Swastyastu,

      Asta artinya delapan (8), ada 8 sifat kepemimpinan yang mesti dimiliki oleh seorang pemimpin agar sukses dalam karirnya, oleh karenanya diberinama Asta Brata, ada lagi konsep kepemimpinan dari Gajah Mada jumlahnya 18 = Asta Dasa (Asta = 8, Dasa=10, Asta Dasa = 18) disebutlah Asta Dasa Paramiteng Prabu….

      Asta Berata sebenarnya mengajarkan intisari ajaran leadership yang dibutuhkan sepanjang jaman. Rama mengajarkan ini pada adiknya yang bisa kita pelajari dan teladani…

      Dewata Nawa Sanga adalah manifestasi kekuasaan tuhan dalam wujud Sagunam Brahman, Silahkan merumuskan hal-hal yang diperlukan pemimpin bila dihubungkan dengan 9 kemahakuasaan Tuhan tadi…

      Santih
      MM

  7. [...] Ajaran Kepemimpinan Hindu Edisi 4 (Asta Brata-Ramayana) [...]

  8. [...] Ajaran Kepemimpinan Hindu Edisi 4 (Asta Brata-Ramayana) [...]

  9. [...] Ajaran Kepemimpinan Hindu Edisi 4 (Asta Brata-Ramayana) [...]

  10. [...] Ajaran Kepemimpinan Hindu Edisi 4 (Asta Brata-Ramayana) [...]

  11. ajaran ini perlu disampaikan dan diamalkan oleh pemimpin” negari ini,,agar terciptanya suatu tataan masyarakat yg harmonis dan sejatra lahir batin.

  12. Mkci ea, ,

  13. Ajaran luhur yang sudah banyak dilupakan oleh saudara saudara kita.
    Ironis memang! Kita memiliki Ilmu Pengetahuan yang sangat hebat, namun sepertinya banyak diantara kita lebih bangga dengan lebel Asing (maaf, saya hanya prihatin saja)

  14. cariin arti kata purna bhaki pertiwi donk……

  15. terima kasih … benar2 menginspirasi…kita kembali ke ajaran leluhur yang adiluhung … : )

    • Sama-sama

      Semoga kita sebagai pewaris ajaran-ajaran luhur ini bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.

      damai
      MM

  16. pengin belajar langsung dari shri ram.

    • Mas Heri terimakasih telah berkunjung ke blog kami.
      Masa kehidupan Shri Rama dan kita berbeda, namun kata seorang master meditasi. Seorang Guru akan tetap hidup bila ajarannya dijalankan.
      Maka bila Anda telah bertemu dengan ajaran Shri Rama, jalankanlah maka Beliau akan tetap hidup.

      Salam Sukses Selalu
      Made M.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: