Manfaat Meditasi

Salam Sejahtera

 Meditasi adalah warisan leluhur yang memberikan banyak manfaat bagi kita, terutama dalam menghadapi gejolak hidup yang tiada pasti. Ada banyak sekali metoda meditasi yang kita warisi, baik produk local (Dalam Negeri, Bali dan Nusantara) maupun dari Luar Negeri.

 Sudahkan kita menjadikan meditasi sebagai bagian dari Hidup kita…? Berikut adalah sedikit manfaat meditasi yang bisa kita petik:

 Setiap manusia akan menghadapi masalah dalam hidup, kecenderungan mereka mencari cara untuk mencapai ketenangan pikiran, supaya apa yang dirasakan dan yang akan di jalankan sinergi dengan Alam Samesta (Buana Agung). Supaya memudahkan dalam pemecaha masalah diperlukan badan sehat, pikiran tenang, Jiwa tenang, hati juga tenang. Meditasi membantu mencapai semua itu.

 Manfaat latihan meditasi  dari renungan kami dan tambahan dari beberapa Guru Meditasi dapat diringkas sbb:

 1. Membangkitkan percaya diri, kita semua tahu bahwa salah satu kunci sukses adalah punya percaya diri tapi bukan Over confidence atau Under Confidence, cukup Confidence

 2.  Mengatasi rasa takut, Menenangkan, menemukan kedamaian batin terutama bagi mereka sang penakut

 3. Membantu meningkatkan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi dan mengatasi problema. terutama bagi merek yang sering memiliki masalah yang berkelanjutan gak berhenti-berhenti 

 4. Mengatasi stress dan menemukan relaksasi, terutama bagi mereka yang sibuk

 5. Mengembangkan dan memelihara kepuasan batin. Kepuasan = keinginan terpenuhi, Keinginan harus dikontrol dengan baik, bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan meditasi kita bisa membangung kekuatan untuk memilah mana yang keinginan dan mana yang kebutuhan, selanjutnya kita mampu memilih pemenuhan yang tepat sesuai kemampuan dan mendapatkan kepuasan batin. 

 6. Membantu menghilangkan keraguan dalam melangkah….. dengan meditasi, ketenangan didapat sehingga kita bisa melihat apa manfaat dari melangkah itu apa dampak terburuk dari melangkah dan tidak melangkah….

 7. Menyadari ketidak abadian apapun yang ada di dunia ini termasuk kegagalan, kesedihan, musibah, penderitaan… mereka semua tidak tidak kekal, mereka datang dan pergi dari diri kita secara kontinyu… selanjutnya mampu mengembangkan ketenangan batin dan tidak terpengaruh oleh semua kejadian itu. Tidak patah hati, tidak patah semangat, tidak putus asa. 

 8.  Kaum The Have/Bagi Si kaya, meditasi dapat membantu saudara untuk merealisasi sifat alamiah kekayaan saudara dan bagaimana menggunakan kekayaan tersebut bukan hanya untuk kebahagiaan saudara, tetapi juga untuk kebahagiaan mahluk lainnya.

 9. Kaum The Have not/Bagi Si Miskin, meditasi dapat membantu saudara untuk mengembangkan kepuasan dan tidak beriri hati terhadap mereka yang lebih kaya dibandingkan saudara.

 10. Membantu menentukan pilihan yang tepat…. saat dihadapkan pada beberapa pilihan dalam hidup (pekerjaan, jodoh, tempat tinggal…dll) Hidup adalah kumpulan dari pilihan-pilihan yang kita buat.

 11. Membantu meningkatkan pengertian yang lebih dalam tentang kehidupan ini.

 12. membantu memahami sifat-sifat dan dampak dari Sadripu, sehingga mudah menaklukkannya selanjutnya mendrive energinya untuk mencapai sukses.

 13. membantu saudara agar dapat mengerti bahwa kecenderungan batin yang negatif tidak akan pernah menyumbangkan manfaat apapun bagi saudara, terutama bagi si pencemburu

 14. memahami cara kerja indra/panca indra, selanjutnya mengurangi keterikatan pada pengaruh panca indra.. (sangat bagus bagi mereka yang selalu hidupnya didrive oleh panca indranya… bukan oleh wiwekanya) 

 15. Bagi Pemabuk, dengan bermeditasi saudara dapat mengatasi kebiasaan buruk yang menjerumuskan saudara.

 16.Apabila saudara adalah seorang yang berpikiran sempit/picik, meditasi dapat membantu saudara untuk mengembangkan pengertian bahwa akan sangat bermanfaat bagi saudara dan teman saudara dan keluarga apabila menghilangkan salah pengertian.

 17.Apabila saudara sangat kuat dipengaruhi emosi, dengan bermeditasi emosi saudara tidak akan memiliki kesempatan untuk menjerumuskan saudara.

 18.Apabila saudara menderita karena penyakit tertentu seperti kehancuran batin, meditasi dapat mengaktifkan kekuatan positif dalam batin dan jasmani saudara untuk memulihkan kesehatan, khususnya apabila bagi yang mengalami masalah psikosomatis.

 19.Apabila saudara seorang yang berpikiran lemah atau rendah diri/minder, meditasi dapat menguatkan pikiran saudara untuk mengembangkan usaha dalam mengatasi kelemahan saudara.

 20.Apabila saudara seorang yang bijaksana, meditasi akan membimbing saudara kepada kebijaksanaan agung. Kemudian saudara akan memandang segala sesuatu sebagaimana hakekat yang sesungguhnya, dan tidak sebagaimana ‘nampaknya.’

 21. dan seterusnya… masih banyak lagi

 Saudaraku sekalian… tunggu apa lagi..? melihat begitu banyaknya manfaat meditasi, hayo pilihlah salah satu metoda meditasi, lakukanlah setiap hari seperti badan untuk bisa kuat perlu makan dan minum serta olah raga dan istirahat tiap harinya. Demikian pula batin, ego, perasaan, pikiran, kecerdasan untuk tambah kuat dan sehat perlu, Meditasi tiap harinya.

 Kirang langkungne ampura…

 Om Santih Santih Santih Om.

 Made M.

http://singaraja.wordpress.com

About these ads

~ oleh made24 pada Desember 24, 2009.

4 Tanggapan to “Manfaat Meditasi”

  1. swaatyastu mau nanya,bagaimana cara bermeditasi yang baik…?

    • Swastyastu,

      Suksma Pak Jero Wayan sampun ledang mampir ring Blog titiang.
      Dari pengalaman titiang mengikuti berbagai teknik meditasi, semuanya baik dan bermuara pada ketenangan pikiran dan kedamaian di hati.

      Bermeditasi hendaknya jangan menginginkan kesaktian, kekuatan yang lain atau untuk ini dan itu, tetapi lakukanlah dengan ikhlas (tanpa pamrih), pasrah diri pada Tuhan.

      Lakukan meditasi secara kontinyu setiap hari kalo bisa dua kali, kalo gak sekali juga gak papa..

      Lakukan meditasi secara alami, jangan memaksakan diri, pahami bahasa tubuh….

      inggih demikian dumun, kirang langkungne ampura

      Santih

  2. Om Swastiastu,
    Apa langkah langkah atau step step bermeditasi?

    • Om Swastyastu,

      Ada banyak teknik meditasi, Baik yang tersebar di Nusantara, maupun di seluruh dunia.

      Salah satu diantara teknik sbb:
      Meditasi dalam astangga yoga sama dengan Dhyana, tahapan ke-7 dari Astangga Yoga. Agar meditasi itu berjalan dengan baik dan memberikan ketenangan dan kedamaian maka 6 tahapan sebelumnya mesti dijadikan kebiasaan sehari-hari, seperti halnya makan untuk badan, demikian pula 6 tahapan ini sangatlah penting dalam hidup.

      1. Yama (social discipline):
      Terdiri dari:
      • AHIMSA : non violence/tanpa kekerasan, tidak menyakiti atau membunuh mahluk lain baik secara fisik maupun mental melalui tindakan, perkataan dan pikiran.
      • SATYA: thruthfulness/kebenaran/jujur/apa adanya/ setia
      Terdiri dari :
      1. Satya hredaya : setia pada kata hati
      2. Satya samaya : setia pada janji
      3. Satya wacana : setia pada ucapan
      4. Satya laksana : setia pada tindakan
      5. Satya mitra : setia pada kawan/sahabat

      • ASTEYA : non stealing/tidak mencuri/tidak mengambil milik orang lain karena terdorong oleh keinginan yang tidak baik, baik secara fisik, mental maupun dengan kata-kata

      • BRAHMACHARYA : moderation in sex/ celibacy/ hidup membujang , bagi pasangan suami istri berarti tidak melakukan sex berkelebihan

      • APARIGRAHA : non equisitiveness/ tidak serakah/ loba/ tamak, tidak terikat oleh harta dan kenikmatan duniawi hidup sederhana

      2. Niyama (individual discipline):
      Aturan-aturan/ cara bersikap dan bertingkah laku yang di tujukan pada diri sendiri. Terdiri dari :
      • SAUCA : cleanliness/ kemurnian dan kebersihan hati, pikiran dan badan, kesucian internal dan eksternal
      • SANTOSA : contentment/ kepuasan /, bahagia pada kondisi yang menyenangkan ataupun pada kondisi yang tidak menyenangkan.
      • TAPAS : austerity/penance/ Penguasaan semua keinginan, kesenangan duniawi dengan melaksanakan kemurnian dalam berfikir, berbicara dan bertindak.
      • SVADHYAYA : self study/ dialog dengan diri sendiri, mempelajari kitab-kitab suci
      • ISVARA PRANIDHANA : surrender to God/meditasi atas Tuhan

      3. Asana (posisi-posisi tubuh) :

      Asanas/physical posture diperlukan untuk kestabilan pisik/tubuh juga dapat menenangkan pikiran. Praktek asanas membersihkan saluran/pembuluh/nadi, memperkuat tubuh serta meningkatkan vitalitas badan dan pikiran.
      Dengan mengambil salah satu bentuk asanas yang tetap, nyaman, akan membawa ke harmonisasi sistem syaraf dan otot.
      Ketika pikiran terkonsentrasi untuk meditasi energi listrik/electric energy akan dihasilkan dalam tubuh, dengan mengunci jari-jari tangan dan jari-jari kaki, sehingga energi elekrik ini akan tersirkulasi dalam tubuh dan tidak terbuang ke luar (leak out). Untuk mencegah energi ini terbuang/ tersalur keluar, alas tempat meditasi jangan terbuat dari bahan konduktor

      4.Pranayama (pengendalian Prana)/Breath control

      Mengharmoniskan nafas, saat nafas tidak harmonis maka kitapun akan merasa tidak bahagia,prana diganggu oleh keinginan terhadap objek duniawi yang demikian dalam, saat kita membayangkan sesuatu di luar (objek duniawi) maka kesadaran kita akan tergoncang,teraduk,tergangggu dan tidak bahagia. Jadi harmonisasi ini tidak hanya di peroleh dengan mengontrol nafas saja, juga control terhadap kenginan sangatlah penting. Jika keinginan terlalu banyak maka praktek pranayama itu tidaklah berguna.
      Tujuan melakukan pranayama adalah untuk mengurangi kecepatan bernafas/melambatkan nafas, Prana akan menjadi tenang dengan proses nafas yang slow/pelan. Pikiran akan menjadi tenang, Ketika aktifitas nafas semakin berkurang maka aktifitas pikiranpun akan menurun, Antara pikiran dan prana adalah indra-indra. Titik temu antara pikiran dan prana inilah organ-organ indriya, organ-organ indriya akan akfip bilamana pikiran atu prana aktip.
      Seperti mandi diperlukan untuk membersihkan tubuh, demikian juga Pranayama diperlukan untuk membersihkan pikiran.

      5. Pratyahara (penarikan ogan-organ indriya dari obyek-obyek indriya)

      Discipline of the senses/Mengontrol aktifitas dari organ-organ indria, ini merupakan harmonisasi yang kelima. Untuk pemula sangat perlu untuk tinggal di tempat di mana objek duniawi tidak begitu banyak dan atmosphere yang suci, misalnya di Asram/pesraman, di gunung, di hutan, dll.
      Dengan tinggal di tempat yang objek material yang menarik gak banyak, secara otomatis organ-organ indra akan terkuasai/terkendalikan.
      Karena organ-organ indra berhubungan dengan pikiran, maka pengendalian organ-organ indra juga berpengaruh pada pengendalian pikiran.

      6. Dharana/Concentration (pemusatan pikiran atas suatu obyek)

      Memusatkan pikiran yang bersih, suci dan murni. Ada tiga bentuk pemusatan pikiran :

      1. Konsentrasi pada objek Luar/External points
      Pikiran terbiasa untuk memikirkan objek luar, bahaya bila langsung memotongnya, bagi pemula jangan melakukan konsentrasi ke pusat dalam diri. Ambil salah satu objek yang paling menarik dan dicintai.
      Foto, Patung, Simbol, Gambar,Pratima dari Yang Maha Kuasa, dengan melihatnya (organ idriya mata beraktifitas) maka pikiran pun beraktifitas. Kita tidak melihat pada objek tersebut tapi pada simbol personalitas kehidupan. Dengan menatap/memandang foto, simbol Yang Maha Kuasa, maka dengan segera merasakan pada pikiran kwalitas dari foto, simbol tersebut.

      2. Konsentrasi ke dalam/Internal points
      Konsentrasi pada Cakra-cakra tertentu di dalam tubuh. Yang paling penting dan sangat membantu bagi pemula adalah konsentrasi terhadap cakra Ajna (antara kedua alis) dan cakra Anahata (jantung).

       Pada keadaan terjaga (awaking state) pikiran berfungsi/berada di otak
       Pada keadaan mimpi (dreaming state) pikiran bekerja dekat tenggorokan
       Pada keadaan tidur pulas (deep sleep) pikiran pergi ke jantung.

      Jadi tujuan utama konsentrasi ke dalam adalah membawa pikiran ke jantung, Ini dilakukan dengan tiga tingkatan, dimana pikiran datang dari objek luar, ke kepala, kemudian ke jantung.
      Meditasi pada titik antara ke dua alis ada dua tahap:
      1. Pandangan/Tatapan luar ke titik antara ke dua alis.
      2. Tutup mata, kemudian pikirkan titik cahaya, Secara perlahan akan dirasakan pikiran akan turun dari kepala, ke tenggorokan kemudian ke jantung.
      Cara lain dengan meditasi langsung ke jantung, bisa dengan membayangkan teratai yang mengembang atau sinar matahari terbit di dalam jantung, Cara yang terbaik dari teknik ini adalah dengan menjejakkan kesadaran sebagai dudukan di sana (to feet consciousness as seated there).

      3. Konsentrasi ke universal
      Hanya kesadaran dalam jantungmu, kesadaran itu ada di dalam jantung setiap orang. Cobalah untuk meditasi kepada kesadaran ini yang hadir di setiap tempat, di setiap benda (di dalam maupun di luar) keseragaman. Inilah bentuk absolut dari meditasi.

      Untuk membantu mencapai kesadaran yang universal kita dapat menyanyikan OM (PRANAWA) dengan metode yang benar, Ada tiga jenis cara melagukan OM :
      1. Pendek : 30 lagu dalam 30 detik ( perdetik)
      2. Sedang : 6 lagu dalam 30 detik
      3. Panjang : 2 lagu dalam 30 detik
      Melagukan dengan suara panjang adalah yang terbaik, Itu membuat sel-sel tubuh surut aktifitasnya, Sistim syaraf jadi tenang, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat penenang, jika anda terganggu nyanyikan Om selama 15 menit dengan metode suara panjang. Seluruh system akan menjadi tenang dan diam, saat menyanyikan PRANAWA ini rasakan bahwa anda juga pelan-pelan mengembang ke dalam bumi.

      OM adalah bukan hanya suara yang kita keluarkan tapi merupakan SIMBOL VIBRASI UNIVERSAL. Vibrasi universal ini diciptakan pada awal penciptaan dunia. Simbol vibrasi universal ini adalan energi pengontrol dibelakang segala sesuatu yang ada di alam ini. Ketika anda menyanyikan OM dan menghasilkan vibrasi ini pada system anda, settinglah vibrasi anda dengan nada makro kosmos (dunia), Energi universal mulai memasuki tubuh anda, anda akan merasakan lebih kuat dan enerjik, rasa lapar dan haus akan menurun, anda akan merasa bahagia walaupun anda tak punya apa-apa, anda tidak akan memiliki keinginan terhadap benda duniawi, karena anda menjadi satu dengan segala sesuatu,

      Ketika anda menjadi sahabat dari energi universal ini, maka alam akan menjagamu pada saat anda menemui kesulitan, dan tidak memiliki ketakutan/kekwatiran di setiap tempat, saat ini anda menjadi seorang suci, dan bila anda memiliki keinginan akan segera terwujud, karena anda menjadi teman dari energi universal ini. Anda menjadi anak Tuhan, yang akan melindungi kapanpun dimanapun seperti anak seorang raja.

      7. Dhyana (meditasi)

      Kata meditasi berasal dari kata Latin “meditari” yang berakar pada kata Latin “mederi” artinya “menyembuhkan” (to heal). Jadi meditasi adalah “ilmu pengetahuan mengenai penyembuhan” – ilmu penyembuhan semua penyakit tubuh dan mental. Meditasi adalah seni untuk membuat pikiran stabil,

      Kapan kita mencapai meditasi ? Ketika seseorang mampu mencapai dan mempertahankan terfokusnya perhatian melalui Dharana (konsentrasi) tanpa terikat dengan ruang dan waktu. Konsentrasi yang dalam akan menghancurkan Guna Rajas dan Guna Tamas dari fikiran dan membangkitkan Guna Satwam (Kwalitas).
      Yang perlu diperhatikan dalam meditasi yakni sikap tubuh, ketenangan, konsentrasi dan pengaturan napas. Pada pemeriksaan gelombang otak dengan eletro encephalo grapi (EEG) akan terlihat gambaran gelombang otak dari gelombang beta saat seseorang sadar, terus turun ke gelombang alfa (setengah sadar), gelombang theta (seperti mau tidur) dan akhirnya gelombang delta (alam bawah sadar). Pada saat ini seseorang akan bisa berhubungan atau mengenal alam sekitarnya yang tanpa batas, menembus jarak, waktu, dan alam berbagai dimensi. Dengan melakukan latihan meditasi secara teratur lama-kelamaan seseorang akan mampu mengenal dimensi alam lainnya melalui indera keenam atau sering disebut dengan mata ketiga.

      Santih
      Moga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: