Manfaat Membaca

Suatu hari sang ayah bersama sang anak duduk dibawah pohon mangga,udara sejuk berhembus menerpa wajah-wajah mereka, sang ayah bercerita tentang suka duka kehidupan, sang anak mendengarkan dengan sangat tertarik, entah kenapa setiap certia sang ayah yang suka merantau itu, sangat menarik bagi sang anak sehingga setiap ceritanya didengarkan dengan penuh perhatian. Di sela-sela cerita sang ayah, sang anak bertanya, papa… bila Gita pingin tahu tentang dunia tapi tetap berada di sisi papa bagaimanakah caranya…? dengan membaca anakku…? bagaimana bisa papa…? baiklah papa akan certitakan sebuah kisah percakapan dua orang pemuda yang  bernama Kawan dan Daku..

Membaca

Kawan: Ngapain sih kamu baca mulu…? Bosen lihatnya, kaya para ilmuan aja.

Daku: Heheheheh… baca itu sama kaya tamasia tau?

Kawan: Kok bisa…?

Daku: Ya.. bisalah…

Kawan: Apa buktinya?

Daku: Ketika kamu baca … kamu bisa mengetahui keadaan tempat-tempat yang indah yang berteberan di dunia, mulai dari budayanya, keadaan alamnya, masyarakatnya, kehidupan sosialnya, bahasanya, makanan khasnya, mata pencahariannya…. Dan seterusnya

Kawan: Jadi kalo kita belum bisa tamasia ke negeri yang diinginkan, kalo sekedar pingin tahu tentang keadaan negeri itu kita bisa tahu lewat baca gitu ya Ku…?

Daku:  Betul…

Kawan: Trus bisa gak saya tahu info-info lainnya dengan membaca..?

Daku: Bisa dong…?

Kawan: Bisa kasi contoh…?

Daku: Banyak manfaat yang didapat dari membaca, dengan membaca kamu bisa mendapatkan informasi tentang:

  1. Cara hidup sehat sehingga tubuh selalu segar dan bugar
  2. Jika kamu petani bisa mendapatkan ilmu tentang cara bercocok tanam
  3. Jika kamu pedagang bisa mengetahui perkembangan harga pasar, baik di pasar komoditi, pasar tenaga kerja, pasar keuangan, dll
  4. Jika kamu seorang mahasiswa bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang dibutuhkan
  5. Jika kamu seorang pekerja bisa mendapatkan cara-cara bekerja professional
  6. Jika kamu pencari kerja bisa mendapatkan informasi lowongan, cara membuat CV, memenangkan interview, teknik wawancara,
  7. Jika kamu seorang pengelana, bisa mendapatkan informasi tentang wilayah-wilayah yang ingin kamu singgahi
  8. Jika kamu seorang peternak, bisa mendapatkan informasi tentang cara berternak yang baik, cara memasarkan produk peternakan, cara mengatur peternakan,
  9. Jika kamu seorang nelayan, bisa mendapatkan informasi tentang teknik menangkap ikan, tentang cara mengetahui cuaca iklim,dll
  10. Jika kamu seorang ibu rumah tangga, bisa mendapatkan informasi tentang mendidik anak, keluarga berencana, membangun keluarga bahagia penuh pengertian
  11. Jika kamu seorang pengusaha, bisa mendapatkan informasi pemasok bahan baku, informasi kebutuhan pelanggan, informasi pemasaran efektif, informasi pasar (tenaga kerja, keuangan, komoditi, pasar bursa saham), informasi tentang manajemen, informasi tentang teknologi diberbagai bidang…
  12. Dan masih banyak lagi… capek deh saya ngomongnya…!

Pokoknya membaca itu bermanfaat bagi siapa saja, dimana saja dan kapan saja.

Saya: Oh….. pantesan kamu suka baca……(sambil melongo….!!!)

About these ads

~ oleh made24 pada Mei 2, 2011.

4 Tanggapan to “Manfaat Membaca”

  1. Menanamkan kebiasaan membaca perlu dilakukan lebih dini, remaja sekarang sangat sedikit yang suka membaca, lebih banyak mereka sibut dengan facebook melalui hp

    • om swastyastu,
      Betul sekali kebiasaan membaca dipupuk sedini mungkin, jangan lupa bacaannya juga harus diperhatikan, tidak sembarangan topic dibaca buat anak-anak, Semoga kita mampu membiasakan anak dan diri kita untuk selalu membaca..

      santih…

  2. smart brillion. bisa sharing anak mantu saya: imade andi arsana,kandidat doktor di Wollongong Australia

    • Om Swastyastu,

      Luar biasa Pak Putu… semoga keluarga Bapak sukses selalu,
      damai dan berbahagia.

      santih
      MM

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: