Tentang Saya

Made Mariana

Made Mariana, Bali tulen, sejak kecil sudah berkelana. Saat ini sedang bermigrasi ke negeri gurun pasir, Al-Ruwais- Abu Dhabi, UAE, mengais rejeki di sebuah perusahaan negara milik  Kerajaan Abu Dhabi, yang tergabung dalam ADNOC group sebagai Process Trainer.

Suka belajar hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi kehidupan di dunia maupun akhirat, sedang belajar menulis dan menuangkan ide serta pengalaman. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan baik yang sengaja maupun tidak sengaja menemukan blog ini.

keluarga

Terlahir sebagai putra kedua dari pasangan I Made Karsa (Alm) dan Ni Wayan Bhakti, dalam kondisi prematuer di sebuah dusun kecil dilereng bukit Dusun Kapasjawa (jaman penjajah dikenal dengan nama Bukit Tinggi), di wilayah desa Tinggarasari, Kecamatan Busumbiu, Kabupaten Buleleng, Propensi Bali. Adik dari Bli Gede Mariasa dan Kakak dari Ni Nyoman Mahartini. Suami dari Ade Dwipa Lestari. Ayah dari Putu Ayu Divayana Paramita dan Kadek Ayu Saragita

nikah

Menempuh pendidikan dasar di SDN1 Tinggarsari (1982-1988), menengah di SMPN1 Seririt (1988-1991) dan SMAN1 Seririt (1991-1994), Diploma I AKAMIGAS Cepu (1997/1998), Diploma II AKAMIGAS Cepu (1999/2000), Sarjana di UT-Riyadh Saudi Arabia (2004-2007).

Bekerja di PT Reksa Griya Asri, Cilegon Indonesia (1994-1995), PT Chandra Asri Cilegon Indonesia (1995-2002), Petrokemya, Al-Jubail Saudi Arabia (2002-2006), Abu Dhabi Polymers Co. Ltd., Al-Ruwais-Abu Dhabi – UAE (2006-Sekarang).


134 Tanggapan to “Tentang Saya”

  1. Bli Made tanpa sengaja aku menemukan web ini di google. Ternyata bli dari Tinggarsari ya?? kaget aku:)). Suamiku dari bengkel bli. jadi ngga terlalu jauh dong;)) lam kenal ya. Aku yakin bli akan selalu menemukan kebahagiaan. good luck

  2. Terimakasih Banyak udah mampir ke Blog kami

    Iya Tiang dari Desa Tinggarsari, Desa Bengkel adalah tetangga kami.
    Sama-sama dalam wilayah kecamatan Busumbiu kabupaten Buleleng..

    Sekali lagi terima kasih atas doanya

    Semoga widi sekeluarga menemukan kesuksesan juga

    salam
    made m.

    • Om swastyastu pak made….salam kenal manten,….titiang semeton saking karangasem…nanging medue semeton saking tinggarsari,busungbiu,…titiang medue somah saking derike,…somah titiang adik kelas pak de’…..titiang sangat tertarik…dan menarik sekali blognya pak de’…..sukseme!

      • Om Swastyastu… Suksma Pak Komang Yasa, sampun ledang berkunjung ring Blog titiang puniki. Salam kenal juga. Suksma atas appresiasinya. Inggih Pak berarti nyame nggih…

        Santih
        Made M

  3. hehehe… sudah lama gak chatting-an, sekali chatting, ternyata bawa berita tentang blog ini, sipp… maju terus… btw, udah tyang add di link blog tyang yah… mungkin nanti kalo ada temen2 tyang yang mau add juga bisa langsung hubungi bli ya…

  4. Trimakasih Mogi dah mampir ke Blog aku…

    Wah aku seneng sekali denger dirimu telah balik ke Bali,… giat membangun Bali, keep it up, bali membutuhkan generasi muda yang penuh semangat seperti mogi…

    Aku pingin segera gabung membangun Baliku tercinta… mudah-mudahan Hyang Widhi Wasa membukakan pintu yang lebar buat kita semua..

    Salam

    Made M.

  5. salam kenal pak made
    saya wahyu reza ;)
    akamigas juga

  6. salam kenal juga pak wahyu
    Terimakasih telah mampir ke blog kami

    Pak wahyu, alumni tahun berapa?
    jurusan apa nih?

    Saya jurusan petrokemia
    aka 1 lulus tahun 1998, dan aka 2 lulus tahun 2000

    salam

    Made M.

  7. Bli Made … salam kenal dari Arie. Warga Singaraja Sakti juga :D

    iseng iseng nyari di google dengan kata merah untuk brahma ehh nyangkut di blog ini … senang membaca writingnya :)

  8. Ari…
    Salam kenal juga..

    Terima kasih ya udah mampir ke blog kami..
    Baru belajar corat-coret semoga ada manfaatnya bagi yang baca..

    Salam

    Made M.

  9. Om Swastyastu,

    Blog yang bagus,buat generasi muda hindu dimanapun berada.
    salam kenal dan selamat menjadi ‘misionaris’ Hindu.
    Silakan mampir ke blog saya…

    Om Shanti Shanti Shanti Om

  10. OM Swastyastu,

    suksma/thanks telah mampir di blog kami
    semoga pemuda hindu semakin cerdas dan terdidik
    sehingga bisa memahami dan menjelaskan dengan baik
    kelebihan dan keagungan Hindu..

    Om shanti shanti shanti om.

  11. Om Swastyastu,
    Salam kenal bli, tyang juga buleleng.
    tulisan tentang catur warna nya bagus..

  12. Om Swastyastu
    Bli salam kenal, tidak sengaja masuk ke blogs bli, maunya nyari babad yang mengungkap tentang Ki Dukuh Suladri dan perkembangan keturunannya. Kalo bli tau, tlg dipost disini juga ya.
    Salut buat bli walupun nun jauh disana, tapi bli tetap concern ama perkembangan agama Hindu.
    rgds,
    wayan

  13. salut dan selamat untuk situsnya ya bli. semoga semakin menambah khasanah tentang hindu

  14. Om Swastyastu,
    Wayan. sapunapi gatrane?

    Suksma dah mampir ke blog kami,
    Mengenai Babad Ki Dukuh Suladri, tiang belum pernah denger, tapi Kalo Ki Dukuh Sakti dulu tiang pernah denger ceritanya dari Ida Sri Empu Parama Manik Dwija Kertha.

    Kalo kebetulan Wayan ada di Bali, bisa mampir ke Griya Anyar Kendal Sari di Seririt. Griya Ida Sri Empu Parama Manik Dwija Kertha, tanyakan pada Beliau tentang Babad Ki Dukuh.

    Atau kalo Wayan lagi ada di Singaraja, bisa tangkil ke Griya di Pantai Lingga, Griya Ida Bhagavan Dwija, tanyakan pada Beliau tentang Babad Ki Dukuh.

    Semoga berhasil.

    Om shanti shanti shanti om

  15. Om Swastyastu,

    Indra, terima kasih telah mampir ke blog kami
    semoga Hindu semakin di kenal oleh masyarakat luas

    Om Shanti Shanti Shanti Om

  16. Om Swastiastu Bli Made.

    Tiyang ketut adi saking desa busungbiu. Seneng nepukin putra daerah yang sudah sukses. Merintis dari bawah, hingga sampai pada jenjang kesuksesan saat ini. Tiyang bangga bisa nemu bli made, dan berharap bisa membangun komunikasi. Tiyang truna lacur masi bli. Asli saking desa Busungbiu, Banjar kaja. Merintis dari awal juga. Syukur syukur, Ida Hyang Widi tetep nyuryanin tur nwecanin tiyang. Mangkin tiyang sampun mekarya ring Samarinda.

    Pateh sareng bli made, tiyang pengen membangun Bali. Tolong dibimbing ya bli.

    Om Shanti Shanti Shanti Om

  17. Om Swastyastu Ketut Adi,

    Suksma banget sudah mampir ke blog kami.
    Selamat yah telah beroleh pekerjaan. Semoga semakin sukses.

    Dengan ketulusan dalam bekerja dan melakoni hidup niscaya kita akan memetik buah manis dari pahitnya perjuangan.

    Semoga Bali semakin maju.

    Om Shanti Shanti Shanti Om.

  18. ADA GA BABAD PANDE URIP BESI YANG LENGKAP?KALAU ADA TOLONG KIRIM KE EMAIL SAYA

    suksma,

  19. om swastyastu

    Pak Budi mohon maaf untuk saat ini saya belum pegang Babad Pande Urip Besi. Bapak Bisa hubungi Parisada Hindu Dharma Indonesia setempat, atau tangkil ke Griya para Pandita yang terdekat dengan tempat Pak Budi Tinggal.

    Semoga berhasil

    OM shanti Shanti Shanti Om

    • mohon maaf…atas kelancangan titiang….titiang semeton saking karangasem taler,…naging istri titiang saking tinggarsari…adik kelas pak made,…..seperti pertanyaan bapak budi beliau menanyakan masalah babad pande urip besi coba saran kan beliau datang ke krangasem,tunggak .ring grya tunggak…..disana lengkap sekali tentang babad……mudah2an ini membantu….mohon maaf pak made..ngak usah kita mencari apa yg namanya jati diri kita karena belum saatnya….klo bisa lakukanlah apa yg menjadi swadarman kita sebagai manusia…….itu saja sudah cukup…klo menurut tiang jati diri itu….belum saatnya di kuak klo kita tidak tahu swadarman kita sebagai manusia…..sekali lagi mohon maaf….!!!!

      • Om Swastyastu,

        Inggih suksma atas masukannya, Semoga damai dan berbahagia selalu

        santih
        MM

  20. Hai pa kabar bli made…
    Wah masih betah toh tinggal di negeri gurun yang panas dan dingin luar biasa itu?? hehehe…
    Ok deh saya doakan semoga sukses selalu dalam lindungan Hyang Widhi Wasa…
    Om Tat Sat

  21. Om Swastyastu,

    Hi Juga Bli Gede,
    Saat ini pilihan yang terbaik yang saya miliki adalah di Abu Dhabi (Ruwais). Belum dapat yang lebih baik, sehingga kudu bertahan di sini, dengan segala macam perbedaan dan keadaan ekstrea.

    Malah akhir bulan ini kalo tidak halangan, tiang pulang menjemput putri tercinta dan istri tersayang, untuk tinggal bersama di negeri kurma dan negeri gurun..

    Terimakasih atas doanya, semoga Bli Gede juga selalu dikaruniai kesehatan, kesuksesan, kedamaian dan keselamatan dalam lindugnan Hyang Widhi Wasa.

    Om Shanti Shanti Shanti Om

  22. Om suastiastu
    saya juga orang tinggar sari tapi dari dsn.kauhan. saya tau keluarga anda.kita jadi orang bali harus semangat. saya tidak banyak komentar karena saya yakin anda megerti tentang spirit hidup. salam dari putu sastrawan

  23. Om Swastyastu,

    Salam Putu, suksma sampun mampir ring blog titiang, salam untuk keluarga putu juga.

    Putu Betul sekali, kita jadi orang Bali harus selalu semangat, dang semangat itu tidak hanya diwacana harus diimplementasikan dalam gerak dan langkah sehari-hari, seperti pepatah Bali. LONTAR A SIU ALAH DENING BUKTI ASIKI yang artinya: Menguasai 1000 Lontar/kitab/ilmu tanpa bukti nyata kalah dengan seseorang yang tidak menguasai ilmu apapun tapi membuktikan melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarganya, negerinya dan bangsanya.

    Dengan semangat puputan, jengah, mulat sarira, basma sesa, hayo..orang Bali, maju terus tunjukkan jati dirimu…

    Om Shanti Shanti Shanti Om.

  24. Om Swastyastu,
    Atur uningayang dewk tityang saking Karngasem. Wasatn tityang Imade Sudiasa. Dumgi napi2 sane kekaryanin oleh Bli made ring sejeroning kasustraan puniki. Preside ngelimbakang indik kewentenan Hindu Darma, pemekas jagat Bali. Mangde sampuna semeton sane megame tiyosan bes sanget ngasorang indik Hindu puniki.
    Sakemawon, ampurayang tityang..durung wenten galah jage ngewacen daging2 sastra sane sampun kawedar. Kebande antuk galah….
    Om Chanti Chanthi, Chanti..Om

  25. Om Swastyastu,

    Suksma banget aturang titing ring bli dexlon, sampun ngwacen taler singgah ring blog titiang puniki.

    Dumadak ugi Ida Hyang Parama Wisase asung kertha nugraha kesehatan, keselamatan, taler semangat jengah, miwah taksu, basme sesa, ring irage sinamian.

    Suksma sampun nyurat ngangge base Bali, titiang ring doh, minab sampun lali ring base Bali. Kirang langkung ring base utawa kata nunas pengampura.

    Om Santi Santi Santi Om.

  26. wah baru ketemu pembahasan mengenai masturbasi bli….
    tiang prnah hendak bertanya pada Sang Sane Wikan,cm jadi mikir2 gak enak ngomongin “begituan”..karena walopun Beliau dapat memberikan jawaban,pastinya dalam komunikasi akan terjadi “sigug” atau gak enak ngomong..gmn pun juga kan peranda bakal ngerasa gak enak,gak nyaman,dan gak etis klo ngomong sex…hehehehe……

    bli,,coba bwt tulisan donk yg isinya tentang hindu di bali,hindu di india, dan beberapa aliran(“hindu”) yg kini ada di indonesia khususnya yg sudah menjamah di bali..apakah hindu bali dan hindu di india bisa disinkronkan.Dan bagaimana pengruh sinkronisasi tsb terhadap identitas hindu di bali yg kt ketahui identitas hindu di bali tdk trlepas adat,budaya,dan nilai2 spiritual yg merupakan rangkuman dan warisan para Maha Rsi..
    Dan bgmn kita harus memandang trhadap “aliran2″ yg tlah beredar di bali..apakah itu sebuah bom waktu yg akn menghancurkan hindu bali yg sdh tertata dgn baik,yg nantinya akan memecah hindu mnjadi aliran2 yg tdk karuan,shg mbwt umat kt mudah untuk pindah keyakinan…
    atau kt harus memandangnya sbg sebuah kasanah hindu yg nantinya akan menambah warna dan pengayaan hindu di bali…
    coba di ulas bli,,karena tiang bingung melihat fenomena riil ini..
    ditunggu tulisannya….

    MATUR SUKSMA…..

  27. Om Swastyastu,

    Putu Bagus, suksma atas apresiasinya. Sebuah Ide yang bagus, untuk memberikan arahan yang bener pada generasi muda hindhu terutama yang di Bali.

    Saat ini beli belum sempet nulis, mudah-mudahan kedepannya bli akan tulis topik yang cantik tersebut.

    Bagaimana kabar keluarga semua…?
    Sehatkah..?

    Salam

    Made Mariana

  28. Om Swastyastu
    salam kenal,titiang saking Desa Busungbiu tinggal di BOGOR
    yening wenten tentang kisah maha brata tolong di kirimin Bli ya
    apa lagi FILM nya becik peasan

    suksma

    asanl

  29. Minta tolong bli semeton titiange sane saking desa busungbiu bisa saling tukar informasi

    suksema

    asanml

  30. Om Swastyastu,

    Suksma sampun mampir ring blog titiang,

    Made ring Bogor nggih, sering dong nangkil ke pura gunung salak?

    Film Mahabharata titiang tidak punya saat ini.
    Mengenai kisah-kisah singkatnya silahkan copy dari blog ini.

    Suksma
    Om Santi Santi Santi Om.

  31. Om Swastyastu

    Bli made mangkin masih mekarya ring Abu Dhabi? timpal tiange liu megae ring Qatar Petroleum
    Memang bli made asli desa Tinggarsari asli?
    Mebanjaran dong ya, Desa Busungbiu dusun Kaja Jln Kiskenda 66,
    yening wenten informasi yang bagus boleh sharing ya bli

    suksma

    asanml

  32. Om Swastyastu,

    Made Inggih Titiang kari mekuli ring Abu Dhabi.
    Titiang asli Desa Tinggarsari, tepatnya di Banjar Kapasjawa
    Desa Tinggarsari, Kec Busumbiu, Kab Buleleng

    Pekak tiang tinggal di busumbiu (Pekak Mangku Lamba) di depan lapangan Bola, temen-temen di busumbiu liu: Gede Artha, Gede Oka, Made Suardana (STPDN), Lopi, dll

    Qatar Petreleum banyak juga temen-temen tiang yang kerja di sana seperti: muadi, rahmadianto, robby, dll

    Demikianlah kami bermigrasi demi sebuah perbaikan hidup..

    Salam dari abu dhabi
    Made M.

    Om Santi Santi Santi Om

  33. lam kenal ngihhh ..tiang lia asli karangasemdan telah menetap di lovina

  34. lam kenal juga Lia..

    Trimakasih yah telah mampir di blog kami.

    Lovina adalah pantai yang indah, sering muncul Dolphine yah, saya dulu sering main ke lovina. Semoga betah tinggal di Lovina

    Salam

    made m.

  35. Bli made,
    blog yg bagus untuk bali . mari jaga dan bangun bali dari diri kita sendiri dg menjalankan swadharma kita masing-masing.

    Salam kenal
    I Nyoman astawa ,Gianyar
    online on windows live msgr at id astawabali@hotmail.com

  36. Om Swastyastu,

    Suksma Nyoman, semoga kita semua bisa memberikan kontribusi buat kemajuan dan keajegan Bali, Ibu pertiwi yang kita cintai, di bidang kita masing-masing.

    Salam Kenal Juga,

    Made M.
    Abu Dhabi

  37. Salut denga perjalanannya, salam kenal bli. :D

  38. Suksma Departa,

    Salam Kenal juga, semoga kita semua dikaruniai kesehatan, kekuatan, dan kesejahteraan.

    Salam
    Made M.
    Abu Dhabi

  39. salam sejahtera PAK MADE, tiang GEDE SUGITA krama BALI saking Karangasem. dumogi Pak Made disana sehat-sehat sellau dalam lindungan HYang Widhi Wasa…anda adalah contoh positif bagi generasi kami….salam

  40. Om Swastyastu,
    Salam sejahtera

    Pak Gede,

    Suksma banget sampun mampir ring blog titiang, Demogi Pak Gede sekeluarga juga menemukan kerahayuan, kesehatan dan kesuksesan.
    Semoga semakin banyak lahir generasi-generasi muda yang militan dan mampu memberikan sesuatu buat kemajuan kita bersama

    Om Santi santi santi Om

  41. Rahajeng Hari Raya Galungan Bli, Made Sariada

    • Om Swastyastu,

      Made…
      Rahajeng Galungan dan Kuningan dan Nyepi
      Semoga kita semua bisa memenangkan pertarungan abadi di dalam diri dan bisa mencapai ketenangan, kedamaian dan kesejahteraan

      Om Santi Santi Santi OM
      Salam buat keluarga semua

      Made M. sekeluarga
      abu dhabi

  42. Om Swastyastu Bli,

    Tyang ketut Santosa dari desa kekeran, busungbiu anak keempat dari Wayan Arba dan Wayan Risin. Tyang sekarang kerja di Batam Bli.
    Tyang mohon bantuan bli Made. saya punya kakak yang bekerja di saipem Kazaktan.Sekarang kakak saya sedang diopname di rumah sakit al-maprag Abu Dhabi. Saya mohon bantuan Bli Made untuk menjenguk kakak saya. Saya sama Bapak saya berencana kesana, sekarang lagi proses pengurusan paspor dan visa. Tyang mohon bantuan bli…karena tyang dan keluarga di kekeran bingung dan khawatir banget.
    Nama kakak saya : Nengah Santa
    nengahsanta.wordpress.com

    ini alamat email tyang:
    Ketutsantosa@gmail.com
    phone:081372275333

    suksma banget
    ketutsantosa
    webmaster hindubatam.com

    • Om Swastyastu,

      Inggih tiang sampun coba hubungi Dr. Michael, Jumat ini tiang rencananya nengok ke mafraq hospital, semoga semua berjalan lancar.

      Semoga bli nengah santa sehat kembali dan segera bisa berkumpul dengan keluarga.

      Om Santi Santi Santi Om

      Made M.
      Abu Dhabi

  43. OM Swastyastu Made,

    Maaf tyang panggil Made (karena tyang lebih tua hehe). Salam kenal
    Tyang ketut Subawa, mangkin merantau di Makassar. Mohon infonya bagaimana caranya bisa sekolah di AKAMIGAS. Tahun depan ada ponakan tyange lakar lulus SMA. Sire uning bisa masuk ke sana

    Tyang tunggu nggih
    Sukses selalu buat Made sekeluarga
    Suksme

    Om Shantih

    • Om Swastyastu,

      Bli Ketut

      Dumun Akamigas punike adalah sekolah ikatan dinas untuk karyawan-karyawan Pertamina dan perusahaan-perusahaan yang mengolah minyak dan gas seperti: conoco philips, total indonesia, slumberger, PT Badak, PGN, PT Chandra Asri.

      Dulu Akamigas tidak menerima mahasiswa dari luar. Akamigas (Akademi Minyak dan Gas) statusnya naik jadi PTK Akamigas (Perguruan Tinggi Kedinasan). dibawah Departemen Pertambangan dan Energi dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

      Infa saat ini titiang belon tahu… apakah mereka sudah membuka pendaftaran untuk umum.

      Kirang langkungne ampura Bli
      Nanti kalo ada info tiang akan kabarkan

      Om Santi Santi Santi OM
      Made M
      Abu Dhabi

  44. saya tertarik membaca niat bak untuk beternak sapi bali, bagaimana kondisi peternakannya sekarang, semoga tambah maju. Saya juga sedang berusaha membangun perkebunan dan peternakan sapi bali…mudah2an juga akan berhasil, saya baru mulai….

    • Terimkasih pak Uddin,

      Saat ini kondisi peternakan masih baik2 saja, tapi karena masih bersifat tradisional jadi produknya ya belum bisa maksimal.
      partnership setiap kepala keluarga dua ekor sapi…

      Selamat pak semoga sukses..

      Salam
      Made M.

  45. om swastiastu, pak made maaf ini tiang iseng ngalih websitenya smunsert, eh malah nyangkut ke blog pak made, tapi tiang bersykur sekali dan bangga membaca artikel dan kesuksesan pak made, salam untuk keluagra dan sukses slalu atas anugrah hyang widi waca, tiang asli bubunan, kalo tidak salah apa pak made angkatan dgn adik tiang, ni kadek karmayanti ampura dan suksma
    om santi santi santi om

  46. Om Swastyastu,

    Bli Putu,

    Wah lama sekali tidak denger kabar bubunan, inggih titiang memang bener temen akrabnya ni kadek karmayanti, di SMPN1 seririt dan SMAN1 Seririt (Kalo gak salah dia pindah dari SMAN3 Denpasar). Salam dari Titiang sekeluarga buat Beli dan Dek Karma sekeluarga

    Suksma Bli telah mampir ring blog titiang, semoga Bli Putu dan Dek Karma sekeluarga senantiasa dikarunia kesehatan dan kesuksesan.

    Om Santi Santi Santi Om.

  47. Om Swastiastu
    Bli made Mariana, punapi niki gtra bli ? tiang Ni Kadek Karmayanti, yang jelas kd sangat senang akhirnya menemukan dirimu, kd bisa belajar banyak..

  48. Om Swastyastu,

    Gatrane becik-becik Dek…, sapunapi gatrane?
    semoga corat-coretan di dunia maya ini bisa bener-bener bermanfaat.

    Thanks ya.. udah mampir ke blog kami.

    Semoga kita semua dikaruniai kesehatan dan umur panjang serta kesuksesan.

    Om Santi Santi Santi Om.

  49. mantab!!

  50. Hallo Bli Made apakabar ? Masih ingat tidak sama aku dulu kita sama2 satu angkatan di Akamigas (1997/1998) aku di jurusan Teknologi Gas I, dulu kita sama2 belajar renang di Nglajo bareng teman kita dari PT. Arun (Aceh) Suratno namanya, tapi sorry aku sama Suratno bisa renang duluan gara2 kejar cewe yang ngajak kenalan. Aku secara tidak sengaja liat tentang kamu di google. Tahun 2005 (AKA II) aku sempat ketemu sama teman kamu yang dari Kediri (Istrinya cah Cepu). Btw anak sudah berapa? Alhamdulillah aku sudah selesai Tingkat IV tahun ini kemarin ambil judul skripsi desain tangki LNG. Salam buat teman2.

    email :
    daryanto@pgn.co.id
    dyt_akamigas@yahoo.com

    • Halo Mas Daryanto.
      Salam Sejahtera

      Kabarku baik-baik saja Mas. Tentu saja aku masih inget dengan Mas Daryanto yang lincah, heheheh, terutama melihat daun-daun muda yang tersebar diwilayah Asrama, Nglajo, sampe ke Sate Ayu Padangan. Jadi teringat masa-masa indah di Cepu. Renang, Main Bola, Rujakan……

      Temenku yang dari Kediri itu namanya Mas Rudi Musyafa, saat ini Beliau juga kerja satu perusahaan dengan aku cuma beda departemen saja. Istinya namanya Mbak Rina, putri Pak Sugeng Dosen Praktikum Utility di Cepu. Dia termasuk yang paling berhasil dari Cepu dulu, maksudnya keluar dari Cepu membawa dua Certificates (1. Akamigas, 2. Marriage Certificates) Heheheh.. Anggota PKM

      Saat ini anakku yang pertama baru berumur 16 bulan, yang kedua rencana lahiran Agustus 2009 ini, doaian ya biar selamat. Mas Daryanto saat ini ada dimana?

      Di tempatku kerja sekarang ada 8 orang Alumni AKAMIGAS mas, awalnya kaget juga kok dunia ini semakin sempit ya..
      Apalagi dengan kemajuan teknologi informasi.

      Berarti dengan lulusnya mas AKA 4, teruskan Mas ambil S-2. Kami dari Chandra Asri dulu mentok hanya AKA 2, karena kebijakan Company berubah, Beasiswa diberikan Tunai dan setiap karyawan yang kuliah bisa mengambil beasiswa setelah memenuhi persyaratan Administrasi.

      Akhirnya saya ngambil S-1 di luar, Juni 2008, akhirnya saya Wisuda, Sarjana Managemen.

      Salam Sukses Mas Daryanto, salam sama Pak Suratno dan temen-temen Akamigas.

      Made Mariana
      Abu Dhabi
      UAE

  51. Mar.. pa khabar ? waduh seneng nih kar ngelah ponaan bin sik.., cepat gati mar… ngebut ne.. he..he… jarakne patuh jak kd 16 bulan , kd doain mudah2an Asung Kerta Wara Nugraha Ida ntar lahirannya lancar semua dan semuanya dalam keadaan sehat selalu.., salam buat istri dan anak ya..
    Mar boleh minta emailnya bli mariasa ya kd ilang waktu masih di indopoly, Mariana sing ngelah facebook mar pengin liat anaknya..

    Boleh nanya ga mar engken men carane beternak sapi bali ya? dan kalo mau kebon duren di tinggal sari gimana ya ?
    Makasi ya mar..

    Sukses dan tetap semangat…

    Ni Kadek Karmayanti
    TAC Pertamina – BWP Meruap Pte.Ltd
    Jakarta

  52. Om Swastyastu,

    Kabar baik-baik saja Dek, Makasih ya doanya, semoga proses berjalan dengan lancar.

    Gimana kabar Dek sekeluarga…?

    Oh iya kayaknya tiang harus masuk facebook deh, udah banyak juga yang nanyain, selama ini cuma pake freindster dan multiply.

    Kalo mau tahu cara berternak sapi bali secara lengkap, ada bukunya, tiang lupa judulnya yang pasti dijual di Gramedia.
    Secara umum ada dua model; Penggemukan dan Pembibitan, jadi bisa dipilih salah satu. Tenaga Kerja tiang biasanya cari orang yang baik tapi keadaan ekonominya masih lemah, tujuannya sih untuk membantu mereka, masalah pembagian keuntungan itu sangat personal dikembalikan pada tujuan awal.

    Kayaknya lagi giat investasi nih…

    Emailnya Bli Gede entar tiang kirim via email aja yah

    Salam buat keluarga Dek semua
    Semoga sukses selalu

    Om Santi Santi Santi Om

  53. Makasi ya mar… he..he.. bukan giat investasi.. tapi penginnya hari tua di bali ngubuh sampi aja.. sambil berkebon kirain mariana udah jalan duluan kd mau ikutan aja dulu sambil belajar dikit2, mumpung tumpek kandang lekade siapa tahu adem.. fi facebook ade timpal sma3 tapi kenal masi jak mariana nyoman suarjaya adane itu timpal sekelas di sma 3 dps, ini mare ketemu di fb mekejang makanya kalo ada ntar kita bikin reuni smp aja ade billy mare tepuk, suseni, mudah2an yang lainnya kumpul kapan2 kita main ke smp ya mar.. ketemu adik kelas dan guru2 kita

    • Om Swastyastu

      Sama-sama Dek
      Tiang udah jalan cukup lama, tapi belum banyak, model yang tiang kembangkan adalah dengan kemitraan bagi hasil, Cita-cita kelak kalo sudah Tua bisa santai.. Berakit-rakit ke Hulu, Berenang-renang ketepian (Bersakit sakit dahulu, bersenang-senang kemudian)

      Yoi tiang udah bikin Id di FB, udah ketemu beberapa teman lama, FB emang hebat…

      Om santi Santi Santih Om

  54. Bagus …., Lanjutkan ….. dan Pertahankan Bali Dari Rantau…,lassuksme

    • Suksma mewali Bli Gede.
      Semoga Bali tetap lestari, ajeg dan jaya serta indah dan damai
      Tari BARIS = BALI.. AMAN…RESIK/RAPI..INDAH…SEJAHTERA

  55. swastyastu..bli

    Salam kenal, tiang Gede Vasmana
    asal dari Sangsit, buleleng.
    Blog niki becik pisan…memberi inspirasi dan menemukan kembali apa yang sudah ada di dalam.Ditunggu postingan2 selanjutnya bli…

    suksma..^_^

    • om swastyastu,

      Suksma banget Pa De.. sampun mampir ring blog titiang
      inggih semoga bermanfaat,

      om santi santi santi

  56. OM Swastyastu bli,

    blog yg penuh inspiratif..saya sangat menikmati membacanya…kalo boleh saya minta ijin bli..blog ini saya masukkan di link web blog KMHDI, terimakasih sebelumnya.

    OM Santih 3x OM

    Dewiyana

  57. kapan bli made pulang ke singaraja, mudahan bisa sharing nih, saya juga di singaraja rumah dekat kampus bawah undiksha, kalau udah di singaraja mohon hubungi saya di 08123668411, saya ingin belajat banyak mengenai blog dll apang sing belog gati, tks

    • Om Swastyastu,

      Suksma Erni, rencana bli pulang akhir november tahun ini, nanti bli kabari.

      Om Santhih, Santhih, Santhih Om

  58. Salam kenal Bapak Made Meriana

    pertama saya perkenalkan nama saya fahmi baru 1 tahuun ini bekerja di PT. Titan Petrokimia Nusantara dahulu PT Peni.
    banyak teman kerja saya berangkat ke timur tengah untuk mengadu nasip.
    sekitar 1 bulan lalu ada iklan di harian kompas lowongan kerja untuk petrokemya mohon pencerahan bagaimana suasana kerja di sana dan kemampuaan bahasa english saya sangat minim apakah ada kesempatan. sekarang usia say memasuki 42 tahun. sebelum bekerja di petrokimia saya bekerja sebagai engineer service di perusahaan pompa.

    • Salam Kenal Juga Bapak Fahmi,

      Terimakasih telah berkunjung ke Blog Kami

      Kalo Petrokemya yang bapak maksud yang ada di Jubail – Saudi Arabia. Ya 3 tahun yang lalu saya bekerja di sana selama 4 tahun sejak 2002. Peluang untuk mereka yang berpengalaman di petrochemical itu sangat terbuka di sana.

      Kehidupan di sana memang agak kurang bebas, karena hukumnya keras, masyarakatnya juga orang keras, sebagian kaku terutama orang Baduinya.

      Tapi selagi kita datang dengan niat baik dan dengan membawa skill tertentu, mereka akan respect.

      Kelebihan yang lain, di sana ada Jubail Dakwah Center, tempat saudara muslim belajar Quran dan Bahasa Arab secara intensif secara gratis.

      Kalo mau Umroh juga murah dengan naik Bus SAPTCO, waktu itu kalo gak salah hanya 200 SAR sekitar 500 ribu rupiah sudah bisa umroh. Temen-temen banyak yang melakukan umroh tiap Bulan.

      Kalo masalah pekerjaan sih sama saja, dimana-mana selagi berhadapan dengan teknologi dan alat yang sama.

      Cuaca dan iklim serta makanan dan budaya yang memang perlu extra energi untuk adaptasi. Tapi kenyataan Bapak lihat banyak yang mampu bertahan dan beradaptasi, semua tergantung Niat dan Target Utama.

      Dan kalo ada lowongan tidak ada salahnya mencoba, kalopun pada akhirnya nanti gak jadi berangkat, kan kita bisa tahu model test dari mereka plus kita bisa tahu kemampuan kita, dimana bisa kita tingkatkan.

      Demikian Pak Semoga ada manfaatnya, kalo ada yang tidak berkenan mohon maaf.

      Salam Damai..

  59. katanya pulang akhir november kok gak dikabari, di tunggu 2 pingin tambah ilmu, gimana nih bli,suksma

    salam,
    luh erni

    • Om Swastyastu,

      Ya Luh… ampura, dapat cuti cuma 2 minggu
      Kebetulan sebelum pulang banyak sekali aktivitas di tempat mekuli,

      Niatnya Nyampe di Bali kabari temen-temen, ternyata ada 4 tetangga yang meninggal berturut-turut hingga di aben, jadi sibuk ngayah.

      Plus ada yang nikah juga, trus ke Serang dan ke Bogor sungkem sama mertua
      Sekali lagi mohon maaf tidak sempat berkabar

  60. osa,
    salam kenal bli tyang made yatna antara,uli gobleg paek ajak busung biu,tyang sing sengaja ketemu jak blog bli waktu tyang buka google tentang “moksa” tyang tertarik jak tulisan bli….tyang jani sedeng ngalih timpal2 pengembara mani2an tyang mengembara ke negara2 len pang ade tongos singgah,tyang jani ade di denpasar bali,tyang bisnis jual beli mobil jak ade Primagama English gatsu dps nah yen misal tyang melali ke abudabi ke kontak bli made.suksma,ossso

    • Om Swastyastu,

      Salam kenal juga Made, inggih semoga ada yang bermanfaat.
      Dengan senang hati, Bila Made nyampe di Abu Dhabi dikabari yah… ditunggu

      Om Santih Santih Santih Om.

  61. Om Swastyastu,
    salam kenal tiang i ketut budiyasa asal tabanan bali.mekarya mekanik di pt garuda indonesia ngurah rai bali.dumogi pada rahayu dan jagi nyanggra nyepi 16/03/2010.
    Om Santih Santih Santih Om.

    • Om Swastyastu,

      Suksma banget Bli Ketut sampun mampir ring blog titiang. Salam Kenal mewali.

      Demogi sareng sami memangguh kerayahuan, kesuksesan lan sehat, nyanggra nyepi 16/03/2010.

      Om Santih Santih Santih Om.

  62. Om swastiastu…

    Ga cukup dengan satu jempol deh buat temenku yg satu ini…seribu jempol deh…

    Nggih suksme, Om shanti shanti shanti om…
    goodluck my friend…

    • Om Swastyastu,

      Suksma bli Man…
      Sukses selalu, salam buat semeton sami ring Mataram dan Serang

      Om Santih Santih Santih Om

  63. sameton made,thanks untuk infonya jg menarik sekali

  64. Wah secara ngak sengaja nemu blog ini, mohon info ya kalau ada posisi untuk maintenance planner (SAP PM)atau IT
    kebetulan background dari it
    slam,
    AGung

    • Terimakasih Pak Agung telah mampir.

      Nanti kalo saya ada info saya kabarkan

      salam sukses selalu

  65. seneng aja, liat orang bali sukses. dari busung biu kayaknya banyak yang sukses di luar bali. selamat sukses dan salam kenal
    dari Tangkas asli Buleleng leluhurnya, tapi lahir besar di sumatra

    • Suksma.

      Semoga kita semua menemukan kesuksesan, kesehatan dan kedamaian
      salam buat semeton ring sumatra…

      Made M.

  66. Swastiastu..
    sukses selalu, made…

  67. salam kenal ya…
    tertarik liat blognya krn pake “singaraja” hehehe

    blog yang menarik, keep writing bro :-)

  68. om swastyastu
    salam kenal buat made mariana dan keluarga.nama saya putu indrayana asal desa kedis kecamatan busungbiu ya…..desa kita bertetangga/ bersebelahan. saya sendiri menetap di jakarta sejak tahun 1978 dan kebetulan saya bekerja di bandara soeta sejak tahun 1985. klo made pulang via bandara soeta call aja saya ok! saya salut ternyata ada orang tingarsari yang bekerja di abu dhabi bravo buat mede!!!!!

    • om swastyastu,

      Salam kenal juga Pak Putu,
      Suksma banget sampun ledang mampir lan nyurat ring Blog titiang puniki. Inggih rumasa bagia manah titiang kecenduk ring semeton tetangga desa, demogi irage sami pada rahayu lan sukses… Inggih sering lewat Seokarno Hata, kebetulan mertua titiang ring Banten. kalo boleh tahu no Hpnya sehingga nanti titiang akan kontak.

      Suksma Pak Putu.
      Suksess Selalu..

      Salam,
      Made Mariana & Keluarga

  69. hai.. bli made mariana.. sy dari jakarta, kebetulan lagi mengerjakan paper agama Hindu. Bingung dengan istilah Hindu..tp kalau boleh bertanya, hari raya Hindu yang dirayakan di Indonesia terutama Bali apa saja ya? :)
    terima kasih bli..

  70. swastiastu bli made,

    tiang saking buleleng mangkin mekarye ring dubai.ten tawang tiang ngelah sementon ling bule2k tetanggaan di negeri orang.web benik niki.two thumbs n saluted buat bli made. bln llu tiang ke abudhabi restaurant sari nusa.he……keep contact nggih…
    suksma….

    • Om Swastyastu,

      Salam kenal Pa Tut… inggih rumasa senang mendengar ada saudara dari Buleleng tinggal di Dubai.
      Pak Tut kerja dimana? dibidang apa?, Bulelengnya dimana?
      Inggih Restaurant Sari Nusa didirikan oleh teman-teman kita, Kalau di Abu Dhabi namanya “Sari Rasa”…
      Demogi sehat dan sukses selalu…

      Santih…

  71. tiang mekarye di hotel bli.bagian fitness ne.tiang bule2ng kangin Bondalem.mungkin bln depan tiang kal jalan2 ke Abu Dhabi sareng timpal2 Buldog tiange driki.

    Suksma…

    • Om Swastyastu.

      Kalo Main ke Abu Dhabi kontak-kontak ya…
      Tiang sebenarnya tinggal di wilayah Ruwais, masih bagian dari Abu Dhabi tapi kalo dari kota cukup jauh kurang lebih 250 km, naik bus 2 jam kurnag lebih…

      Salam buat teman-teman buldog di Dubai

      Damai…

  72. nu inget jak tiang,kakak kelas di sma seririt,mekelo sing taen ketemu.Mariase dije jani? salam n sukses selalu.

    • Om Swastyastu Bli De…

      Ya dong… kakak kelas di SMANSER….
      Bli De… dimana sekarang?
      Kakak tiang Bli Gede Mariasa ada di Kuwait – Timur Tengah

      Salam sukses dan damai selalu
      Made Mariana/Abu Dhabi

  73. OM Swastyastu, salam saya sangat respek atas pribadi anda, hidup tidak hanya mengejar materi tetapi beryadnya melalui ide-ide kratif.
    link Blog anda saya pasang pada web saya http://manacika.co.cc.
    OM Santih OM

    • Om Swastyastu,

      Terimakasih banyak Pak Manacika, semoga kita semua diberi kekuatan untuk melakukan hal-hal yang baik, mengisi waktu dan pikiran kita dengan kebaikan. Silahkan dengan senang hati blog kami terbuka untuk siapapun…

      Santih
      Made M./Abu Dhabi

  74. om swastyastu

    pertama tama saya ingin memperkenalkan diri pak,nama saya yudha,sekarang tinggal di bekasi,

    saya sangat tertarik dengan tulisan pak made tentang arya tegeh kori,kapan ada sambungannya pak?.kemudian yang saya ingin tanyakan,apa hubungan puri jro agung pengastulan dengan arya tegeh kori tersebut? mohon di jelaskan pak.suksme

    om santi santi santi

    • Om Swastyastu,

      Salam kenal Pak Yudha, saya dulu pernah tinggal di serang-Banten (Pura Eka Wira Ananta) selama 8 tahun, kadang kami juga ke Bekasi bila ada odalan, salam buat semeton di bekasi.

      Mohon maaf belum sempat nulis lagi lanjutan kisah leluhur, karena kesibukan mekuli, mudah-mudahan kedepannya tiang bisa melanjutkannya. Mengenai hubungan Puri Agung Pengastulan dengan Tegeh Kori adalah: I Gusti Tegeh Kori V atau I Gusti Made Tegeh (adalah generasi ke-5 yang membawa Prasasti Dalem dari Puri Satria ke Pengastulan) yang turun takhta akibat pemberontakan I Gusti Pucangan, Beliau menyamar dan pergi ke Den Bukit, karena kehebatan dan jasa Beliau oleh Raja Buleleng diangkat menjadi Punggawa di Pengastulan, yang kemudian dikenal pula dengan Jero Lingsir atau Jero Agung Pengastulan.

      Inggih demikian, kirang langkungne ampura…

      Santih..
      Made M.

  75. om swastyastu

    terimakasih pak made atas penjelasannya,kebetulan hari ini pas tumpek landep.odalan di pura tirta buana bekasi.disini umat yg hadir makin banyak pak,persembahyangan sampai td jam 10 malam masih ngantri,semoga semangat para semeton disini tetap menggelora,
    btw pak,pengetahuan pak made tentang babad para arya ini mengambil refernsi dari mana pak? maaf kalau saya lancang bertanya,maklum saya besar di bekasi.jadi tau cerita babad bali paling dari cerita pekak&nini kalau saya pulang ke bali.
    suksme
    om santi santi santi

    • om swastyastu

      Inggih suksma mewali pak.. sumber yang tiang pakai adalah Buku Merekontruksi Sejarah Dalem I Gusti Tegehkuri Kresna Kepakisan, Pendiri Kerajaan Badung, Mendirikan Pura Badung Pengastulan – Buleleng. Yang disusun oleh Drs. I Gusti Nyoman Suartha

      Pengesahan Buku ini telah ditandatangani oleh:
      1. IR. TJOKORDE GDE AGUNG, SP (Penglingsir Puri Agung Klungkung, 9 Sep 2009
      2. Saksi saat pengesahan, Ketua PHDI Provinsi Bali. DR. I GUSTI NGURAH SUDIANA, dan Bendesa Agung Utama Desa Pekraman Provinsi Bali, JERO GEDE PUTU SUWENA, SH

      Suksma

      Santih

  76. selamat hari raya galungan dan kuningan pak made,semoga kedamaian menyertai kita semua

    • Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan Juga Pak Yudha, semoga kedamaian dan kesejateraan menyertai kita.

  77. Om Swastyastu…,
    Bli Made…., Tiang Putu Arya, tinggal di Bekasi Jawa Barat, Ayah Bp. Nym Dadu alm. asli Bestala, Seririt, Bli Made pasti tau mengenai Desa saya, Keluarga sy semua di Denpasar. Di Bekasi sy bergerak di bidang jasa Notaris PPAT, kalo ada investor di saudi sy ada lahan seluas 200 ha siap di bebaskan yg pnya prospek bagus 2 thn ke depan, Akses nya Tol Cibitung – Jagorawi, By Pass Puncak 2, Sumber air tanah abadi bersih, view pegunungan. Thnks

  78. om swasiastu:Saya soroh Pasek, sy mau nimbrung ada yg nanya mslh Pasek Sadra,keturunan Kyai Agung Pasek Subadra dan perkembangannya. Dapat dibaca di buku:Babad Pasek oleh Guru Subandi ,Penyunting Wayan Supartha, terutama HALAMAN85 s/d102 dst.. Masih bisa didapat di toko2 di Bali. Kalo bisa ketemu ybs, bisa lebih jelas dan detail. Sebetulnya bisa dilacak lebih teliti di buku itu. Silsilah ukuran 55×75(A2) bisa diperoleh di Paramita dekat renon harga silsilah tak sampe 20 ribu ok sekian dulu sharing saya

  79. masalah TEGEH KORI JUGA ADFA DISITU

  80. Masalah “ALIRAN DLM AGAMA HINDU” yg dikhawatirkan disini, sy sharing sbb:
    1. Mslh itu tak bisa dihindarkan di agama apapun. Kan kita kenal desa,kala, patra, yang kalau itu dikupas kita jadi sadar dan maklum UNTUK MEMAHAMI ORANG “ALIRAN LAIN”. Contoh Hindu Bali:ada daksina,jejahitan/janur,ketipat dll. Semua yang kalo dkembalikan ke Weda ada disana. Daksina yg dari kelapa, sbb: ida betara tiga (btrPurranjaya,Gni Jaya +Dewi Danuh diberangkatkan dg memasukkan nya dalam baksina nyuh gading. Tak mungkin bisa diterapkan di EROPA UTARA dsb. Ummat islam disana nerbangkan janur, beras, dll agar PUAS berlebaran. Ummat Hindu juga kan begitu, PAKAIAN ADAT BALI, tak bisa lepas., saya (spy menyatu dg ummat)sering PAKE BLANGKON.ke puradi Yogya. Ummat Kristen lebih hebat: ada HKBP di Jkt, GEREJA TORAJA ada di Makassar dsb . Di jawa, kebaktian ada yg 3 session, khusus bhs jawa jam 6-7pg, bhs inggris jam 7-8, bhs indonesia jam 8-9 dsb.. Di yogya,sajen campuran Yogya+Bali:Kalau sajen Bali pake ayam panggang/kering, sajen yogya pake AYAM DIGODOG SANTAN KENTAL(namanya INGKUNG). Keduanya ada di saajen/ banten itu. Kalo sajen bali ayamnya nantinya dimakan pake sambel bawang,see,dsb. Kesimpulan saya,tak perlulah disamakan , baik itu praktek SAJEN, KIDUNG(khas jawa sdh jalan tak perluhrs kidung bali dsb), BUKTIKANLAH: KIDUNG DI YOGYA SUDAH SEMUA KIDUNG JAWA,SAJEN YOGYA DLL,kalo mau nambah dicampur khas bali. Silahkan simpulkan pendapat sy ini. Usaha menyeragamkan akan sia2. Pedoman pelaksanaanKESATUAN TAFSIR HASIL MAHASABA PARISADA th 1986 sudah terbit dan tak pernah berhasil mensosialisasikan. Contoh: cuntaka di gg1 desa saya 3hari,gg 3 ,7 hr, gg 5 ,11 hari,kebanyakan berbeda bagi keluarga langsung(Ibu,ayah,anak bisa cuntaka 42 hr/tak sama. Mahasaba menyeragamkan cuntaka 1 minggu GAGAL. Mudah2 an ada gunanya . Kurang lebihnya mohon maaf : OM ANNO BADRAH KRTAWO WISWA WISWATAH OM KSAMASAMPURNA YA NAMAH SWAHA

    • Om Swastyastu

      Inggih Pak Putu suksma atas sharingnya… semoga kita semua bisa bertumbuh bersama menjadi insan yang damai penuh dedikasi dan produktif demi kemajuan diri, keluarga, daerah, bangsa dan negara…

      santih
      MM

  81. bl0g anda bermanfaat bagi pendidikan agama hindu

  82. bl0g anda bermanfaat bagi pendidikan agama hindu. Suksma

    • Om swastyastu,
      Semoga semua mahluk berbahagia

      Terimakasih Pak Nengah telah berkunjung ke Blog kami, semoga karya-karya kecil ini membawa manfaat.

      santih
      MM

  83. Om swastyastu

    Salam kenal Pak made,
    Tiyang I Wayan Siptayasa,dari Desa Jimbaran,Badung.
    Tiyang sangat senang membaca blog P Made terutama tentang babad Arya Kenceng Tegehkuri dan ajaran kepemimpinan hindhu.Tiyang salut,walaupun berada jauh di negeri seberang untuk mengais rejeki,P made masih sempat meyadnya melalui tulisan di blog.
    Walaupun P made katakan tulisan itu hanya sekedar corat- coret tapi bagi tiyang hal itu sangat besar manfaatnya.Dalam tulisan tentang babad arya kenceng tegeh kuri,banyak sekali yang menyanggah,mengejek dan mencela.Memang benar kata pepatah”geng yasa geng goda ,gede ombak gede angin”.Suatu pekerjaan yang bertujuan untuk kebaikan,apalagi untuk orang banyak.sudah pasti godaan dan rintangan akan datang dari mana-mana.Kita harus tegar dan tetap berjuang. Tiyang juga punya keyakinan kebenaran pada akhirnya pasti akan menang.
    Sekian dulu dari tiyang semeton saking Jimbaran.

    Om santhi santhi santhi om

  84. Om Swastyastu,

    Suksma banget Pak Wayan, semoga kita semua dikaruniai kekuatan dan semangat serta daya juang (jengah) yang tinggi, sehingga mampu mengimplementasikan apa yang telah kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari, bisa mendatangkan manfaat bagi diri, keluarga, teman-teman, masyarakat, lingkungan dan alam samesta.

    Mari kita sebarkan energi kasih, energi prema/tat twam asi, vasudaivam kutum bakam (semua manusia bersaudara)…. semoga kita mampu memberikan pelayanan yang ikhlas (seva) kepada saudara kita sesama manusia dan mahluk-mahluk lainnya…..

    Rahajeng Pak semoga sukses dan berbahagia selalu

    santih
    MM

  85. Om swastyastu…

    Sapunapi gatrene P made? Dumogi P made sekeluarga senantiasa berada dalam keadaan baik baik saja.Tyang mengucapkan selamat tahun baru.Semoga di tahun baru ini keberuntungan selalu berpihak kepada kita,dan Ide Sanghyang Widhi senantiasa melimpahkan rahmatnya.
    Sehingga kita bisa melanjutkan bekerja dan berkarya/meyadnya.
    Semoga dengan bertambahnya umur,semakin bertambah pula pengetahuan dan wawasan kita tentang hidup dan kehidupan ini.Semoga kita tidak menjadi manusia yang hanya “tua-tua tuwuh”

    Om santi santi santi om

    • Om Swastyastu..

      Astungkara P Wayan, gatrane Becik kemanten. Kenten taler demogi Bapak sekeluarga senantiasa dalam keadaan sehat dan sejahtera.

      Selamat tahun baru 2012. Semoga di tahun ini apa yang sebelumnya tertunda bisa diwujudkan. Semua rencana yang disusun bisa diimplementasikan dengan sukses. Semoga Hyang Parama Wisesa, asung kertha nugraha kesehatan, kekuatan, kesempatan untuk lebih berkarya dan meyadnya.Kita mampu meningkatkan diri dibidang kita masing-masing.

      Semoga kita semakin banyak mampu mengaplikasikan apa yang kita pelajari, apa yang kita pahami dan apa yang kita diskusikan, selanjutnya mampu menjadi agent of change dimanapun kita berada.

      Semoga apa yang telah kita raih tidak menjadikan kita insan yang sombong, namun sebaliknya selalu bersyukur, karena tanpa karunia-Nya, kita manusia tidak punya daya apapun.

      Happy New 2012.

      santih

  86. Om swastyastu bli made,slam knal dr sy,,,knp ya sy sulit skl mencari perkumpulan at organisasi hindu,,,

    • Om Swastyastu,

      Salam kenal juga, Iya harus diakui organisasi Hindu terutama organisasi Pemuda belum masuk kesetiap daerah. Sebenarnya ada benyak organisasi Hindu, untuk pemuda yang besar: KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Indonesia), Pradah, Pemuda Hindu, di Banten ada IPHB (Ikata Pemuda Hindu Banten, yang merupakan gabungan dari Dharma Taruna Banten, Permudita Tanggerang, dan Sekeha Teruna Teruni Dharma Shidi, Ciledug).

      Adik Ida Ayu lokasinya dimana?

      Santih
      MM

  87. Made kalo nama bapak dan ibu (alm) mungkin bli kenal tapi sama made belum ternyata kita bisa kenalan lewat tulisannya ya..!!! Bli juga dr tinggarsari dulu sering ke kapasjawa ketemu ortunya kakak ipar “Selamat & Sukses selalu”

    • Om Swastyastu,

      Inggih Bli Alit, memang sekarang banyak keluarga yang belum dikenal, maklum karena situasi ekonomi, kita harus nekad merantau sejak lulus SMA, sehingga belum sempat bertemu dengan saudara-saudara.

      Namun tiang yakin, walau kita berjauhan, ada semangat yang sama yaitu semangat mandiri, semangat jengah untuk meningkatkan kesejahteraan Keluarga. Salam buat keluarga Beli Alit, semoga Beli sekeluarga sehat dan berbahagia selalu.

      Dari kami
      Made Mariana dan Keluarga

  88. Om Swastyastu..
    pada awalnya blog ini saya kira dikelola oleh Mahasiswa atau Guru, tapi ternyata bapak adalah orang yang sering muncul di majalah media hindu toh?

    • Om Swastyastu

      Anda benar saya seorang mahasiswa yang sedang menimba ilmu pada universitas kehidupan…

      Saya kadang suka berbagi di MH, semoga ada manfaatnya.

      Blog inipun saya buat untuk berbagi, dan memberikan pelayanan.

      Salam damai dan sejahtera
      Semoga semua mahluk berbahagia dan mengalami pencerahan

  89. Om Swastyastu.

    Pak Made, Salam kenal Sedurungne,…
    Tyang Komang saking Mengwi, jagi metaken kedik ring Pak Made,
    Punapi yening, umpami nganten nyuang nak luh saking Busung Biu jati biaya / modal , saking pihak ane wani nanggung makejang……?
    malih siki jati nggih harus ngemedalang sampi anggen napi istilahne nike tyang ten uning,

    Nggih sapunika, Pitaken tyang sareng Pak Made tyang Dot nawang…!!
    Suksma sdurungne Pak Made, Dumogi setata nemuang kerahayuan lan kebahagian sekeluarga.

    • Om Swastyastu,

      Pak Komang Adi.

      PITAKEN:
      Punapi yening, umpami nganten nyuang nak luh saking Busung Biu jati biaya / modal , saking pihak ane wani nanggung makejang……?

      SAUR:
      Inggih sujakti Pak Komang. Biaya pernikahan ditanggung makejang oleh pihak laki-laki (purusha).
      Sakewanten yening wenten bantuan saking pihak perempuan (pradana) tidak apa-apa. Yang penting kedua keluarga setuju dan merasa nyaman. Hal ini hendaknya didiskusikan secara kekeluargaan.Pihak perempuan (pradana) tidak wajib menanggun biaya pernikahan. Kewajiban ada di pihak laki-laki (Purusha).

      PITAKEN:
      malih siki jati nggih harus ngemedalang sampi anggen napi istilahne nike tyang ten uning,

      SAUR:
      Ampura, di desa tiang (Tinggarsari, bagian dari wilayah Kecamatan Busungbiu) nenten wenten adat puniki. Jadi tiang tidak bisa memberikan penjelasan.

      Santih
      Made M.

  90. Thanks bro, informasinya berguna banget.
    Kapan-kapan saya akan mampir ke blog ini lagi. Ijin sedot yah… :)

  91. Hallo apa kabar pak made. Saya mau nanya apakah p made dulu sempat kuliah di amik serang sekitar thn 1996? Seingat saya dulu pernah kenal, dan kalau p made masih ingat saya adalah yanti 1tingkat diatas bapak. Maaf sebelumnya saya ngga sengaja menemukan blog p made, makasih

    • Halo Mbak Yanti,

      Iya benar, saya Made yang dulu sempat kuliah di Amik Serang sekitar 1996, karena ada beasiswa dari PT. Chandra Asri kuliah di AKAMIGAS cepu, maka saya berhenti kuliah di Amik Serang dan beralih ke AKAMIGAS..

      Gimana kabarnya Mbak Yanti? Semoga sukses selalu

      Thanks ya udah mampir ke Blog kami

      Salam
      Made Mariana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: