Berjalan…

Semua orang pasti pernah berjalan. Berjalan salah satu aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam hidup ini. Berjalan mengantarkan kita berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Bicara tentang berjalan, saya jadi teringat dengan pesan Ibu seorang wanita single parent yang sederhana sebelum pergi merantau
“Dek hidup ini seperti orang berjalan…jangan hanya melihat ke depan, tapi lihat juga kebelakang, kemudian lihat juga ke samping kiri dan kanan, lihat juga ke atas dan ke bawah..kemudian langkahkan kakimu terus ke depan jangan mundur lagi.. ”

Lama saya tidak mengerti apa yang dimaksudkan ibu, hari itu karena saya pingin ibu seneng sambil manggut-manggut saya cium tangan ibu pamitan dengan segenap keraguan di hati, apa sih maksud ibu.

Semalam setelah meditasi, tiba-tiba kata-kata itu muncul kembali dalam pikiranku dengan jawabannya sendiri. Hidup ini seperti orang berjalan, kita jangan lupa menengok kebelakang, sejarah hidup kita, dari mana kita berasal, siapa kita, apa tujuan awal kita merantau, jangan sampai kehilangan arah… demikian pula bangsa ini, sejarah telah mencatat perjuangan para pahlawan besar untuk memerdekakan negeri ini dari belenggu penjajahan… Darah dan air mata menggenangi setiap area perjuangan… Hari ini kita merayakan kemerdekaan bangsa yang ke 64, semoga bangsa Indonesia tidak kehilangan arah.. tetap konsisten pada upaya memerdekakan setiap individu dan masyarakat Indonesia secara umum menuju kesejahteraan dan kedamaian

Berjalan juga harus melihat ke kiri dan ke kanan, mereka yang memiliki nasib yang sama dengan kita, harus kita perhatikan pula, kita berjalan beriringan meraih sukses, membangun team yang kuat, sebagai mahluk sosial yang bersinergi mencapai setiap goal yang direncanakan

Berjalan juga harus melihat ke atas, banyak orang yang lebih hebat dan lebih berprestasi dari kita, so kita jangan sombong dengan pencapaian yang telah kita dapatkan, tetaplah rendah hati namun terus berusaha untuk maju..

Berjalan juga harus melihat ke bawah, banyak orang yang tidak beruntung memiliki nasib sebaik kita, mereka berada dalam kelompok marginal kebawah… sudah kewajiban kita untuk menjaga dan memperhatikan mereka, jadi jangan serakah dalam hidup ingatlah selalu berbagi dengan tulus dan ikhlas…

Berjalan menuju kedepan, bahwa kita harus hidup optimis menatap masa depan, jangan mundur dalam menghadapi setiap tantangan dan rintangan yang ada, dengan daya juang seperti para pahlawan kemerdekaan, marilah kita berjalan maju bersama, menjaga nama baik bangsa dibidang masing-masing.
Menjadi profesionalis di bidang yang ditekuni, ya… karena hanya kitalah generasi yang harus menjaga dan mengisi kemerdekaan warisan para leluhur sebagai wujud terimakasih kita atas usaha jerih payah para pahlawan, dan agar bisa menjadi pondasi yang kokoh bagi generasi kita selanjutnya….

Merdekaa!!! Indonesia Jaya!! Indonesia Bersatu!!

https://singaraja.wordpress.com

~ oleh made24 pada Agustus 17, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: