Saudara…

Suatu keberuntungan bila kita memiliki saudara. Ada teman untuk bermain bersama, untuk curhat dan berdiskusi, teman untuk berbagi apapun yang dimiliki, baik suka maupun duka.DSC01856

Dalam lingkup kecil sebuah keluarga, saudara berupa kakak dan adik, dalam lingkup yang lebih luas, saudara bisa bermakna, saudara satu keluarga besar, satu marga, satu daerah, satu negara dan seterusnya…

Banyak orang yang menyadari betul keberuntungan ini sehingga mereka sangat bagus menjaga tali persaudaraannya. Dengan senantiasa menjaga perasaan masing-masing, menghargai kelebihan masing-masing, menerima kekurangan masing-masing.

Saling mengingatkan bila ada yang ditemukan melewati batas kewajaran, baik dalam bertingkah laku, berkata maupun dalam berfikir. Mengingatkan saudaranya dengan lembut dan penuh kasih. Seperti persaudaraan Rama dan Laksamana, Bharata dan Satrugna dalam Kisah Ramayana. Persaudaraan Panca Pandawa dalam Mahabharata.

Dengan saudara yang dimiliki mereka mampu membangun sebuah team yang solid untuk meraih sukses masing-masing. Saling support baik secara material maupun moril dan doa sehingga menghasilkan kekuatan yang maha dasyat untuk melibas segala bentuk halangan dan rintangan dalam menuju sukses.

Banyak pula orang yang tidak menyadari keberuntungan ini, sehingga mereka ini tidak bisa menikmati anugrah yang luar biasa dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Parahnya lagi, Kelompok ini sangat mudah memaafkan orang lain, tapi sangat sulit memaafkan saudara sendiri.

Mudah berkata lembut pada orang lain, tapi begitu melihat saudaranya ada kekurangan mereka ini malah sering berkata kasar… Apalagi urusan pembagian waris atau harta guno gini, sering terjadi percekcokan, gara-gara yang satu ini, sebagian dari kelompok kedua ini kerapkali menimbulkan permusuhan dengan saudaranya sendiri. Sungguh mereka menyia-nyiakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa..

Saudaraku sekalian.. marilah kita jaga tali bersaudaraan ini dengan saling berkomunikasi, saling menghargai kelebihan dan kekurangannya, saling menerima.. sehingga terbentuk sebuah keluarga yang harmonis dan menjadi sebuah team yang kuat.

~ oleh made24 pada Agustus 21, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: