Ambillah tanggung jawab..hadiahnya anda dapat energi kebaikan

Pemandangan pagi ini sungguh indah di Nistaning Mandala sebuah Pura. Bunga-bunga berwarna warni dengan wangi semerbak mengiasi setiap sudut pura itu, tampak beberapa orang bergerombol di dalamnya, mereka semua asyik dengan kegiatannya masing-masing, beberapa dari mereka belajar nari dan megambel (menabuh) di wantilan, sebagian lagi tampak asyik membaca buku sambil minum kopi yang ditemani pisang goreng, dua dari mereka mencabuti rumbut yang tumbuh liar disekitar pura, sebagian lagi asyik berbincang-bincang sambil tertawa riang entah apa yang mereka bincangkan. Dua orang sambil membawa plastik memunguti setiap sampah yang ada, kemudian memasukkannya ke dalam kantong plastik hitam yang digenggamnya, mereka melakukannya dengan riang dan gembira. Maklumlah di tanah rantau wahana untuk bertemu dengan sesama warga Hindu atau warga Bali hanyalah Pura. Dimana biasanya setiap hari minggu masyarakat berkumpul saling sharing informasi dan bersembahyang bersama.

Timbul suatu pertanyaan di dalam hati saya kenapa mereka tidak semuanya terjun bersama membersihkan rumput-rumput liar itu, atau mereka melakukan kerja bhakti bersama untuk menjaga kebersihan pura…? Setelah saya tanya dari salah seorang warga yang berkumpul di sana, sebenarnya ada kegiatan terjadwal yang dilakukan untuk membersihkan Pura, sebulan sekali setiap tempek kebagian tugas membersihkan pura pada setiap minggu pertama.

Namun kebersihan itu kan tidak cukup satu kali dalam sebulan, kebersihan adalah setiap saat. Karena sejatinya setiap orang dari kita senang bila berada ditempat bersih, demikian pula kita akan senang bersama orang yang pikirannya selalu bersih.. Seorang teman pernah bercerita bahwa moodnya sangat dipengaruhi oleh lingkungan, dalam lingkungan yang kotor sangat sulit menjaga pikiran tetap bersih…

Melihat dua orang Bapak yang rajin memunguti sampah sambil bernyanyi dan dua orang lagi yang asyik mencabuti rumput liar disekitar pura, saya jadi tertegun, apa yang menggerakkan mereka untuk melakukan pekerjaan itu..? Ternyata Bapak ini selalu saya temui di Pura dan Beliau tidak pernah berhenti mengumpulkan sampah, setiap kali saya datang ke pura itu, saya semakin penasaran ..Bapak ini ternyata seorang pengusaha dan manajer di sebuah perusahaan negara,  Perlahan saya dekati mereka dan ikut bergabung sambil ngobrol santai. Tanpa terasa semua sampah yang tampak oleh mata kami telah habis kami kumpulkan, kemudian kami bakar.  Saat istirahat sambil minum Es Cendol yang dijual oleh pedagang keliling di sekitar pura itu, kami ngobrol santai, Saya bertanya pada salah seorang dari mereka (Pengusaha).  “Pak boleh saya tahu apa yang menggerakkan Bapak untuk setiap datang ke Pura pasti membersihkan sampah-sampah sambil bernyanyi…?

Sambil tersenyum Bapak itu menjawab: “Dik Made bisa aja, saya hanya senang melihat lingkungan ini bersih, karena kalo pura ini bersih setiap orang akan betah berada di dalamnya, kalo pura ini bersih maka setiap orang yang datang kesannya baik, kalo pura ini bersih dari sampah plastik dan pencemaran maka bunga-bunga akan tumbuh bebas sehingga bisa memberikan bunga terbaiknya untuk alam ini, katanya sih dalam lingkungan yang bersih itu jumlah penyakit yang muncul tidak banyak dan lingkungan jadi indah.. Saya mengambil tanggung jawab untuk melayani mereka, melayani mereka yang datang, melayani lingkungan ini, melayani alam samesta ini..”

Hmm… ternyata mengambil tanggung jawab untuk melakukan pelayanan memproduksi power yang besar untuk melakukan kebaikan.. so  take resposible you will gain the power…

~ oleh made24 pada Agustus 28, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: