Sarasamuccaya Sloka 67

Kantakan kuupamagnin ca varjayanti sadaa naraah

Tathaa nrsamsakarmaanam varjayanti nardhanam.

Artinya:

Inilah keburukannya nrsangsa (mementingkan diri sendiri) tidak disukai dalam masyarakat; orang yang papa hina sekalipun tidak menyukainya; sebagai orang menghindari duri, sumur kering, ataupun api, demikianlah orang yang sesungguhnya meninggalkan orang yang nrsangsa itu.

Manusia dalam bahasa Bali disebut Jelema (Jele = Jelek, Ma=Melah=Bagus). Baik dan Buruk itu menyatu dalam diri manusia, manusia memiliki sifat-sifat baik pun memiliki sifat-sifat buruk.

Salah satu sifat buruk manusia adalah Sifat mementingkan diri sendiri (Nrsangsa). Bhagavan Wararuci menjelaskan bahwa, sifat ini mestinya kita kendalikan dan kuasai. Karena sifat mementingkan diri sendiri tidak bagus dalam kehidupan sosial manusia.

Terbukti dalam setiap sisi kehidupan, orang-orang yang mementingkan diri sendiri, dijauhi oleh teman-temannya. Karena mereka yang hanya mementingkan diri sendiri, tidak pernah memikirkan diri orang lain. Apapun yang ada hanya untuk dirinya, tidak bisa berbagi dengan orang lain. Padahal Tuhan/Hyang Widdhi menciptakan segala yang ada untuk kita semua bukan untuk satu orang.

Orang yang suka mementingkan diri sendiri, tidak bisa menyisihkan miliknya untuk mereka yang membutuhkan. Orang yang mementingkan diri sendiri, sangat terikat dengan harta miliknya, mereka sulit sekali melepaskan keterikatan ini sehingga tercermin dalam prilaku sehari-hari baik dari cara berfikir, berkata dan bertindak.

Oleh karenanya marilah kita senantiasa waspada dan kendalaikanlah sifat-sifat buruk yang ada dalam diri manusia. Hendaknya sifat-sifat buruk ini yang dianugrahkan Tuhan untuk pembelajaran kita.

~ oleh made24 pada Oktober 5, 2009.

2 Tanggapan to “Sarasamuccaya Sloka 67”

  1. kalau kita sebagai mahluk ciptaan tuhan jangan selalu mengeluh dan pasrah,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: