Kisah Inspiratif dari Pak Sulaeman (Alm)

Adalah merupakan suatu keberuntungan bagi kami bisa bertemu dan berdiskusi dengan tokoh-tokoh yang memiliki kepribadian Teguh, idealis dan memiliki banyak pengalaman hidup. Karena akan mendapatkan banyak pelajaran hidup yang bisa dijadikan motivator untuk meraih sukses dalam hidup. Inipun kami rasakan ketika kami berkesempatan bertatap muka  Dengan Bapak Sulaeman (Alm) Direktur Pt. Guna Mandiri Paripurna tanggal 30 April 2010, di Thailand Restaurant, Al Wehda Mall – Abu Dhabi.

 Seperti layaknya para jawara Beliau tampil sederhana, menyapa kita dengan ramah, tidak ada sekat dan batas, penuh penghargaan pada ide-ide kita pun tidak sungkan untuk berbagi kisah sukses. Salah satu kisah sukses yang beliau ceritakan pada kami adalah, ketika beliau melakukan recruitment untuk sebuah perusahaan di Qatar.

 Ada seseorang yang memiliki keinginan begitu besar untuk berkarir di perusahaan gas di Qatar, secara teknikal Beliau memiliki kemampuan yang mumpuni, itu dibuktikan dengan hasil tes tulis,  selalu lulus…., namun setiap kali ikut test wawancara Bapak ini selalu gagal. Suatu hari dia datang lagi pada Pak Sulaeman, berkeluh kesah tentang kegagalannya, Pak Sulaeman kemudian memberikan nasehat: “Kesuksesan itu tidak datang dengan sendirinya, tapi perlu usaha, Tuhan juga akan memberikan peluang bagi mereka yang berusaha, dan Berusaha tanpa kenal putus asa adalah bentuk nyata orang beriman dengan belajar, dengan sembahyang yang rajin”. “Pak Saya ini sudah tua setiap kali baca buku bahasa inggris saya ngantuk, jangan kan ada yang masuk, setiap kali saya pegang buku, sesaat kemudian saya sadar sudah dibangunkan oleh istri atau anak saya” kata Bapak ini.

 Singkat cerita akhirnya Bapak ini pulang kembali ke rumahnya. Waktu kemudian berlalu, setelah beberapa bulan, lowongan pada perusahan yang sama muncul lagi. Dia tetap bersemangat untuk mengirimkan lamarannya ke PT. Guna Mandiri Paripurna. Sudah dapat ditebak pada test tulis dia bisa lulus dengan mudah, karena memang dia memiliki kemampuan teknikal yang mumpuni. Ketika test wawancara, dia bertemu lagi dengan orang yang sama yaitu Orang India dan Orang Qatar.

 Pewawancara berkata: “This is the fourth time we met, Do you still remember Me…?

Si Bapak: “Yes Sir I still remember you, Do you come from India right..?

Sambil tersenyum Pewawancara kemudian melanjutkan pertanyaannya: “Ok good.. do you still remember what is the last question I asked you on our last meeting…?

Si Bapak dengan PD menjawab: “Yes of course Sir I still remember…!” Kemudian Bapak itu menjawab dengan jelas dan tegas apa yang ditanyakan pada pertemuan sebelumnya. Ternyata Pewawancara ini membawa file hasil wawancara dulu yang disimpen di dalam laptopnya, ketika dibuka filenya si Bapak…Wow.. ternyata tepat sekali…”

Sambil tersenyum kagum, Pewawancara ini kemudian bertanya lagi: “How can you improve your English so fast…? Earlier it’s very difficult for you to express any words, but now…. Amagingly…?

 Dengan Bangga Si Bapak kemudian berkata: “Sir In my company we have two Indians, I asked him to teach me English every day, I made Indomie for him in the first day. Than At the second day I asked him to teach me again, I brought Nasi Goreng for him. On Third day I ask him again to teach me English… I brought Sate for him…….continuously, until I can speak English.

 Kedua Pewawancara tertawa dan kagum, langsung menandatangani dan mengatakan bahwa Bapak itu lulus… kontan saja Bapak ini terlonjak kegirangan. Dia langsung bersujud di depan mereka… Dan Bapak ini kemudian menjadi prioritas utama yang diberangkatkan, Dialah orang pertama yang diberangkatkan pada recruitment saat itu sebagai penghargaan atas jerih payahnya….

 Saudaraku sekalian… seringkali dalam kehidupan ini kita dihadapkan pada kejadian-kejadian pahit, namun dengan kesabaran, dengan usaha tanpa henti disertai dengan doa/sembahyang/sholat… Tuhan pasti akan memberikan jalan seperti kisah Bapak di atas.

 Terimakasih kami ucapkan pada Alm. Bapak Sulaeman, semoga segala kebaikan Bapak diterima Tuhan Yang Maha Esa. (Pak Sulaeman Meninggal di Abu Dhabi, saat menjalankan tugas, dikebumikan hari ini 05 Mei 2010, di Baniyas Graveyard, Abu Dhabi)

 Made Mariana – Ruwais – Abu Dhabi, 05 Mei 2010

~ oleh made24 pada Mei 5, 2010.

13 Tanggapan to “Kisah Inspiratif dari Pak Sulaeman (Alm)”

  1. Thanks artikel ini membangkitkan semangat saya

    • Saudara Get,

      Sama-sama, never give-up, coba dan cobalah… berusaha dan berdoa, pasti akan bisa…

      salam sukses
      made m.

  2. terima kasih pak atas kisah inspiratif, saya sebagai anaknya sangat berterima kasih. Mudah-mudahan kebaikan ayah saya menjadi bekal beliau dialam selanjutnya.

  3. terima kasih pak atas kisah inspiratif, saya sebagai anaknya sangat berterima kasih. Mudah-mudahan kebaikan ayah saya menjadi bekal beliau dialam selanjutnya.

    Regards

    Sami Sulaeman Kuwair

    • Sama-sama Pak Sami.

      Salam kenal.. Saya Made Mariana, dari Singaraja Bali, sekarang berdomisili di Abu Dhabi.
      Semoga segala kebaikan Beliau memudahkan setiap perjalanannya di alam selanjutnya.

      Salam,
      Made Mariana.

  4. Pak Sulaiman is the best motivator ever.. Dia ga pernah sungkan2 mendengarkan keluh kesah saya dan berbagi cerita ttg smua yg udh pernah dia lakukan..kepribadiannya dia yg ramah sederhana dan santai membuat semua org mudah dekat dengannya..I ♡ you so much my best uncle ever..

    • Betul Mbak Lily…
      Beliau seorang pribadi yang ramah dan sederhana. Saya beruntung sempat berdiskusi dengan Beliau walau hanya beberapa jam. Kami dapat banyak pelajaran. Kerja keras, kecintaan pada Indonesia, konsistensi Beliau dalam berjuang dan membantu para pencari kerja profesional memang patut diacungi jempol. Beliau tidak mau menari uang dari para pencari kerja/candidate, Bahkan dengan tegas dan lantang Beliau berkata; “Kalo ada nanti staf saya yang meminta uang kepada para candidate…tolong laporkan pada saya!. Pesan satu lagi yang saya selalu ingat: ” Kita jangan mudah menyerah…. Bangsa kita perlu energi untuk berusaha tanpa henti. Sukses akan diberikan pada Tuhan pada orang yang benar-benar berusaha tanpa kenal lelah…”.

  5. Salam kenal juga pak made dan semuanya.

    Semangat dan kejujurannya pun sering dia ajarkan kepada kami selaku anaknya.

    Regards

    Sami Sulaeman Kuwair

  6. Sukron, ini menjadi semangat buat saya untuk belajar bahasa inggris lagi, sebab saya selalu merasa tidak PD

    regards,

    Agung Supriyanto

  7. pak.. saya ijin copas artikelnya ya pak

  8. subhanallah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: