Ajaran untuk menjaga kebugaran tubuh (Asana)

Om Swastyastu,

Sebagai mahluk sosial kita tidak bisa lepas dari orang lain, oleh karenanya untuk mencapai kebahagiaan dan kedamaian kita juga harus menghormati orang lain. Menghormati disini maksudnya adalah memperlakukan mereka dengan baik dengan melaksanakan ajaran-ajaran Yama dan Nyama dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai seorang pribadi, maka kenyamanan dan kedamaian kita juga ditentukan oleh diri ini, oleh sebab itu mari kita bahas sekarang bagaimana caranya untuk mengelola diri, agar kita mampu meraih kedamaian itu. Diri ini terdiri dari tubuh dengan sistems kontrol yang luar biasa mengalahkan sistem kontrol tercanggih manapun, merupakan mesin tercanggih yang tiada bandingnya. Bila mesin atau komputer juga perlu upaya maintenance (pemeliharaan), maka tubuh inipun demikian.

Aliran darah yang mengantarkan makanan, oksigen ke seluruh tubuh berjalan dengan lancar, juga aliran darah yang mengantarkan carbon dioksida, dan kotoran-kotoran lain juga lancar. Sistem pernafasan berjalan dengan baik, sehingga ditribusi oksigen berjalan dengan baik. Sistem pencernaan dan sekresi berjalan dengan baik, sistem hormonal juga berjalan dengan baik.

Hal ini bisa didapatkan dengan melakukan Asana. Asana disini adalah bentuk-bentuk posisi tubuh yang bisa membuka chanel-chanel energi, bisa membersihkan racun dalam tubuh, bisa menyeimbangkan sistem di dalam tubuh, pendek kata membuat tubuh menjadi sehat, kuat dan berseri.

Di dalam tubuh yang sehat akan mudah bagi kita untuk berkonsentrasi mengerjakan tugas-tugas di sekolah, di kampus, di tempat kerja, di masyarakat maupun di rumah. Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang sehat : Pepatah Yunani berkata: “Mensana in corpore sana”, Dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat. Hal ini dapat juga dilihat bila tubuh kita tidak sehat misalnya sakit perut, sakit gigi, sakit kepala, tidak akan mudah untuk mengkonsentrasikan pikiran untuk bekerja menghasilkan hasil yang optimal. Oleh karena itu maka kita perlu menjaga kesehatan tubuh ini.

Tubuh ini adalah media utama untuk meraih kesuksesan oleh karenanya patut dijaga dengan sebaik-baiknya. Tubuh adalah pura, tempat kediaman sang Jiwa, sang Atman yang suci.

Asanas membiasakan diri untuk mengambil suatu bentuk posisi tubuh yang nyaman yang bisa bertahan lama. Karena ketika kita bisa berada pada satu posisi asanas dengan tenang dalam kurun waktu yang lama, energi electrik dalam tubuh mengalir membersihkan energi negatif dan menyembuhkan penyakit.

Asanas mempersiapkan tubuh untuk menerima dan menumbuhkan energi kehidupan (prana)  ibarat lahan pertanian yang dibersihkan dari segala gulma, rumput dan akar-akar tanaman yang lain sebelum ditanami Padi…..(bersambung.. Pranayama..)

Santih

MM

~ oleh made24 pada Agustus 10, 2011.

2 Tanggapan to “Ajaran untuk menjaga kebugaran tubuh (Asana)”

  1. bagus banget ni info.. thank y? di tunggu kunjungan baliknya🙂

  2. enjoy bgt….hasil nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: