Ajaran pengendalian panca indra-Pratyahara

Om Semoga semua mahluk berbahagia,

Manusia melakukan kontak dengan dunia material ini melalui panca indra. Panca Indra ini memberikan informasi kepada pikiran, selanjutnya pikiran akan memerintahkan tubuh untuk mengambil suatu sikap tertentu sesuai dengan informasi yang didapatkannya.  Keinginan muncul juga karena adanya kontak antar alam material ini dengan panca indra. Selanjutnya keinginan ini memerintahkan pikiran dan tubuh untuk menuntut akan pemenuhan.  Bila keinginan terpenuhi orang akan senang, sebaliknya bila keinginan tak terpenuhi orang akan merasa sedih. Pendek kata keinginan ini membuat manusia terobang ambing antara suka dan duka. Seringkali kita melakukan aktivitas bukan karena keperluan tetapi karena keinginan. Memang apa salahnya kalo kita melakukan aktivitas didorong oleh keinginan?

Tidak ada yang salah bila aktivitas didorong oleh keinginan, namun perlu disadari bahwa keinginan ini bisa tak terbatas jumlahnya sementara alat pemenuh keinginan jumlahnya sangat terbatas. Agar semua keinginan terpenuhi maka jumlah sumber daya mesti sama dengan jumlah keinginan, oleh karenanya maka keinginan ini mesti dibatasi agar jumlahnya sama dengan jumlah alat pemenuh kebutuhan, sehingga hidup menjadi senang. Bagaimana caranya…?

Memahami proses terbentuknya keinginan maka, mengontrol keinginan dengan mengontrol kerja panca indra, panca indra bisa bekerja karena adanya energi prana, dan pada tahapan pranayama tadi kita sudah membahas bagaimana mengontrol energi prana yang juga bermanfaat untuk mengontrol aktivitas panca indra.

Pikiran dan panca indra ini memiliki hubungan yang sangat erat sekali terutama dalam menjalankan aktivitas hidup. Pikiran mudah dipengaruhi oleh panca indra, sebaliknya panca indra juga bisa bekerja karena adanya pikiran. Agar pikiran mudah dipusatkan pada object konsentrasi maka aktivitas panca indra ini di arahkan ke dalam tubuh bukan keluar tubuh. Proses ini seperti laba-laba yang menarik benang dalam sarangnya kedalam tubuhnya. Sehingga aktivitasnya tidak begitu banyak dan tidak mempengaruhi kerja pikiran, pikiran mudah terkonsentrasi pada object konsentrasi. Aktivitas inilah disebut dengan Pratyahara.

Seperti dibahas sebelumnya bahwa, pikiran ini adalah kunci hidup, bila dia terfokus akan sangat bermanfaat bagi kita, baik dalam belajar maupun dalam bekerja, kita akan bisa menghasilkan output yang optimal. Oleh karenanya latihan Pratyahari ini sangat penting. Jadikanlah sebagai bagian dari hidup kita… Tekunlah melatih diri untuk mengendalikan panca indra….. (bersambung pada Dharana)

Santih

MM

~ oleh made24 pada Agustus 13, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: