Bunga

Semoga semua mahluk berbahagia dan sejahtera,

bunga-jepunDalam kehidupan kita, bunga memegang peranan penting. Ia kerap digunakan sebagai simbol keindahan, kecantikan, kesempurnaan, ungkapan rasa, ucapan selamat. Iapun digunakan sebagai obat, makanan, penghias ruangan, rumah, panggung, dll. Keindahannya telah memikat para sastrawan untuk merangkai kata membentuk puisi, prosa, pantun, dan karya sastra lainnya. Para senimanpun tidak mau kalah, menempatkan bunga sebagai objek lukisan, ukiran, tarian, dan nyanyian. Bahkan profesional keuanganpun terpikat oleh bunga hingga menempatkannya menjadi tujuan banyak orang datang ke bank. Di Bali bunga digunakan sebagai media persembahan, ia hadir hampir disetiap rumah orang Bali.

Faktanya bunga mampu membuat orang tersenyum bahagia. Ia mampu menghadirkan kenyamanan pada orang yang ada disekitarnya. Kehadiran bunga, mengundang kedatangan tawon, lebah, kumbang, burung, juga manusia.  Hasil penelitian prilaku yang dilakukan di Rutgers, The State University of New Jersey;  Kehadiran bunga memicu emosi bahagia, mempertinggi perasaan kepuasan hidup dan mempengaruhi prilaku social dengan cara yang positif jauh melampaui yang biasa diyakini (http://www.aboutflowers.com).

Hasil penelitian yang lain, yang ditulis pada journal American Society for Holticultural Science tahun 2008, menyatakan bahwa, pasien yang di dalam ruang rawatnya ada bunga (di dalam pot) mengkonsumsi lebih sedikit obat pengurang rasa sakit dan memiliki tekanan darah lebih rendah bila dibandingkan dengan pasien yang di dalam ruang rawatnya tidak ada bunga.

Menyadari betapa pentingnya bunga, marilah kita lestarikan bunga-bunga yang ada di sekitar kita. Mari kita jaga mereka dari kepunahan. Kita rawat mereka, karena bunga-bunga ini telah berkontribusi banyak bagi kehidupan kita.

Deep Bow/Made M.

~ oleh made24 pada Januari 17, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: